Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / UPAYA TINGKATKAN IPM, PEMKAB BATANG BERIKAN BEASISWA MULAI TINGKAT SMA HINGGA MAHASISWA

Berita

Upaya Tingkatkan IPM, Pemkab Batang Berikan Beasiswa Mulai Tingkat SMA Hingga Mahasiswa

Batang - Dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pemerintah Kabupaten Batang melalui Disdikbud Batang memberikan bantuan beasiswa bagi tingkat SMA dan Mahasiswa di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (14/12/2023).

Batang - Dalam rangka meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Pemerintah Kabupaten Batang melalui Disdikbud Batang memberikan bantuan beasiswa bagi tingkat SMA dan Mahasiswa di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (14/12/2023).

Bantuan biaya pendidikan diserahkan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki yang didampingi Pj Sekda Batang Ari Yudianto, dan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disdikbud Batang Bambang Suryantoro.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, hari ini ada pemberian beasiswa kepada anak yang berprestasi dari keluarga yang kurang mampu.

"Pemkab Batang sudah mempunyai komitmen setiap tahunnya memberikan bantuan beasiswa dengan kriteria yang sudah diatur dalam SK Bupati Batang Nomor 900/360/2023 tentang Penerima Bantuan Sosial Biaya Pendidikan bagi Peserta Didik Pendidikan Menengah dan Mahasiswa Berprestasi dari Keluarga Miskin Kabupaten Batang Tahun Anggaran 2023," jelasnya.

Penerima bantuan beasiswa pada tingkat SMA, SMK, dan MA ada 72 orang nominal biaya yang diberikan sebesar Rp1.000.000,00 dengan jumlah alokasi anggaran Rp72.000.000,00.

"Selanjutnya, bantuan beasiswa pada mahasiswa ada 139 orang nominal biaya yang diberikan sebesar Rp1.500.000,00 sampai Rp7.000.000,00 dengan jumlah alokasi anggaran Rp374.500.000,00," terangnya.

Kemudian, lanjut dia, bantuan beasiswa calon mahasiswa ada 35 orang nominal biaya yang diberikan sebesar Rp1.000.000,00 sampai Rp5.000.000,00 dengan alokasi anggaran Rp78.000.000,00.

"Jadi total semua penerima ada 246 dengan alokasi anggaran sebesar Rp524.500.000,00. Bantuan itu diperuntukan untuk pembelian perlengkapan sekolah, seperti seragam sekolah, pembelian peralatan sekolah, seperti buku tulis, alat tulis, dan biaya transportasi dari rumah ke sekolah," Imbuhnya.

Jika yang mahasiswa, peruntukannya untuk pembayaran uang kuliah yang dibuktikan dengan bukti bayar dari perguruan tinggi yang bersangkutan, pembelian buku-buku penunjang belajar, dan biaya lain yang dibebankan pihak perguruan tinggi kepada Mahasiswa.

Sementara itu Plt Kepala Disdikbud Batang Bambang Suryantoro menyampaikan, Penyediaan Bantuan Pendidikan ini sebagai wujud komitmen Pemkab Batang untuk meningkatkan perluasan akses pendidikan yang merata, terjangkau, setara dan berkelanjutan bagi masyarakat usia pendidikan menengah dan pendidikan tinggi yang berprestasi dari keluarga yang kurang mampu.

"Selain itu, Penyediaan Bantuan Pendidikan ini diharapkan mampu menjamin keberlanjutan dan mempertahankan prestasi yang dimiliki oleh peserta didik, serta sebagai wujud penghargaan dan pengembangan prestasi siswa bidang akademik maupun non akademik," harapnya. 

Bantuan beasiswa ini bertujuan untuk membantu meringankan beban orang tua peserta didik dan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan dalam kegiatan sekolah dan kampus.

Ia berharap, bantuan beasiswa dapat meningkatkan angka partisipasi pendidikan, serta meminimalisir angka putus sekolah karena faktor ekonomi. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)