Home / Berita / Pemilu / BAWASLU BATANG: MEDIA SOSIAL SANGAT EFEKTIF PUBLIKASIKAN INFORMASI HASIL PENGAWASAN PEMILU

Berita

Bawaslu Batang: Media Sosial Sangat Efektif Publikasikan Informasi Hasil Pengawasan Pemilu

Batang - Media sosial telah menjadi alat yang sangat efektif dalam mempublikasikan informasi. Bawaslu Kabupaten Batang pun telah memilih media sosial sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil pengawasannya hingga ke tingkat Panwascam.

Batang - Media sosial telah menjadi alat yang sangat efektif dalam mempublikasikan informasi. Bawaslu Kabupaten Batang pun telah memilih media sosial sebagai sarana untuk mempublikasikan hasil pengawasannya hingga ke tingkat Panwascam.

Hal itu diungkapkan Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat, Nur Faizin, saat Rakor Kehumasan di Bawaslu Batang, Kabupaten Batang, Rabu (13/12/2023).

“Ini adalah upaya untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan masyarakat, sehingga mereka dapat memahami bagaimana Bawaslu bekerja, termasuk di tingkat kecamatan,” jelasnya.

Bawaslu berharap dapat menyediakan informasi mengenai kinerja Bawaslu dan Panwascam kepada masyarakat, serta memberikan informasi yang dibutuhkan agar masyarakat menjadi pemilih yang cerdas dan bertanggung jawab.

“Informasi-informasi ini dapat disebarkan melalui media massa dan media sosial yang digunakan oleh setiap Panwascam, seperti Facebook, Instagram, dan Tiktok,” ungkapnya.

Nur Faizin juga menekankan, pentingnya agar pemilih menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana, tidak hanya memilih tanpa memahami siapa calonnya, dan terlebih tidak terpengaruh oleh money politic (politik uang).

“Informasi yang disampaikan oleh Bawaslu dan jajarannya, termasuk di Panwas Kecamatan, seharusnya menjadi informasi yang sangat dibutuhkan oleh publik,” tegasnya.

Bawaslu dan jajarannya akan terus memanfaatkan media sosial dan media massa secara efektif, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan yang cerdas dalam proses demokrasi.

Hal senada juga diungkapkan Sumali Ibnu Chamid, Ketua Bawaslu Kabupaten Wonosobo periode 2018-2023, bahwa pengelolaan media untuk publikasi sangat penting, mengingat banyaknya tahapan Pemilu yang diawasi oleh Bawaslu.

“Setiap tahapan Pemilu, memiliki peran yang krusial, sehingga informasi terkait tidak boleh terlewatkan dan keterlibatan publik harus dipastikan,” ujar dia.

Ia juga menambahkan, ketepatan dalam pengelolaan media sosial dan peningkatan kompetensi di jajaran Panwascam sangatlah penting. (MC Batang, Jateng/Edo/Siska)