Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PERINGATI HAB KE-78, KEMENAG BATANG LAKUKAN GERAKAN BERSIH-BERSIH PANTAI SIGANDU

Berita

Peringati HAB Ke-78, Kemenag Batang Lakukan Gerakan Bersih-Bersih Pantai Sigandu

Batang Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78, Ribuan orang dan Kemenag Batang melakukan gerakan senam Moderasi Batang Meraih Bintang (Embe Embe) dan bersih-bersih sampah di Pantai Sigandu Batang, Kabupaten Batang, Selasa (12/12/2023).

Batang Dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78, Ribuan orang dan Kemenag Batang melakukan gerakan senam Moderasi Batang Meraih Bintang (Embe Embe) dan bersih-bersih sampah di Pantai Sigandu Batang, Kabupaten Batang, Selasa (12/12/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, Kepala Kantor Kemenag Batang Akhmad Farkhan, dan Ketua Bawaslu Kabupaten Batang Mabrur.

Kepala Kantor Kemenag Batang Akhmad Farkhan mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kebersamaan seluruh pegawai dilingkungan kerja Kemenag Kabupaten Batang dengan hidup sehat dan bugar dengan bersenam.

“Selanjutnya, gerakan bersih-bersih pantai yang merupakan peduli lingkungan sekitar, yang sekarang ini masyarakat sering lalai. Ada 5.000 orang dari Kemenag Kabupaten Batang yang mengikuti kegiatan senam dan bersih-bersih pantai,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan penyadaran tentang bahaya pencemaran laut, mendorong masyarakat untuk berperan serta dalam pengendalian pencemaran dan keindahan pantai.

“Apalagi pantai Sigandu ini merupakan salah satu wisata pantai terbaik yang dimiliki Kabupaten Batang yang harus dijaga. Rencananya setelah dibersihkan, pantainya akan ditanami bibit pohon yang bisa mencegah abrasi laut menjadi parah,” terangnya.

Sementara itu, Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, bahwa peringatan HAB Ke-78 Kemenag Batang itu luar biasa diawali dengan senam Embe Embe dan gerakan bersih-bersih pantai yang ini kegiatan positif.

“Kebersihan adalah kata kunci dari sebuah tempat wisata, karena banyak turis yang suka kebersihan, oleh karena itu Gerakan Bersih Pantai ataupun di objek wisata lainnya harus dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan masyarakat secara luas,” tegasnya.

Destinasi wisata seperti pantai jika kondisinya bersih kalau kita berwisata akan menjadi nyaman dan keindahannya pun bisa terlihat.

“Makanya, jangan buang sampah sembarangan di pantai ataupun di sungai, karena ujung sumbernya akan mendarat ke pantai sampah-sampah itu,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Batang membacakan undian dorprise satu unit sepeda yang didapatkan oleh Ibu Farida dan satu unit kulkas yang didapatkan oleh Ibu Sri Ningsih. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)