Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PMB GELAR GEBYAR EKONOMI KREATIF UMKM

Berita

PMB Gelar Gebyar Ekonomi Kreatif UMKM

Batang - Perkumpulan Masyarakat Batang (PMB) menggelar gebyar ekonomi Kreatif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Acara tersebut digelar selama tiga hari di Halaman Gedung Olahraga Abirawa pada 27-28 Oktober 2023.

Batang - Perkumpulan Masyarakat Batang (PMB) menggelar gebyar ekonomi Kreatif Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Acara tersebut digelar selama tiga hari di Halaman Gedung Olahraga Abirawa pada 27-28 Oktober 2023.

Gebyar ekonomi kreatif diikuti 60 pelaku usaha se-Kabupaten Batang dari berbagai produk kuliner, pakaian hingga kerajinan.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki memberikan, apresiasi PMB yang telah peduli secara nyata memberdayakan pelaku UMKM untuk bisa mandiri dan berdaya saing.

“Tak hanya itu, PMB juga dalam kegiatan ini mampu menggelar tanpa bantuan anggaran dari pemerintah daerah. Katena mereka tidak ingin merepotkan, tapi ingin membahagiakan Pemkab Batang selaku orang tua,” katanya saat usai membuka PMB ekonomi kreatif di halaman GOR Abirawa Batang, Kabupaten Batang, Jumat (27/10/2023).

Harapan kami selaku Pemerintah Kabupaten Batang dengan gebyar ekraf UMKM bisa mempromosikan potensi yang ada di Batang.

Lani juga meminta masyarakat Batang untuk saling peduli dan membantu membeli produk-produk UMKM dan ekonomi kreatif.

“Upayakan produk dari Batang ini di beli oleh masyarakat Batang. Karena moto dari PMB sendiri ‘Beli Batang Bela Batang’. Artinya manfaatkan potensi yang ada di Batang untuk kesejahteraan masyarakat Batang dengan membeli produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM Batang,” tegasnya.

Ia juga mengeklaim, bahwa Pemerintah Kabupaten Batang melalui Disperindagkop dan Disparpora terus berupaya memberikan dukungan kepada para UMKM dan ekonomi kreatif agar bisa berdaya saing dengan mengikuti pameran dan even.

“Kita mengupayakan dukungan kegiatan UMKM dan Ekonomi Kreatif agar bisa berdaya saing dengan pelatihan dan mengikutkan pameran dan even di dalam daerah maupun luar daerah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panita Gebyar Ekonomi Kreatif UMKM Haryono menjelaskan, bahwa kegiatan yang dipersembahakan oleh PMB, semata-mata ingin membangkitkan dan memberdayakan masyarakat Batang agar mampu berdayasaing, tidak hanya dilokalan, saja tapi juga kancah nasional.

“Beli Batang Bela Batang merupakan ikrar masyarakat Batang supaya apa cinta terhadap hasil produk-produk Batang  dan suka belanja pada warung - warung tetangga yang ada di Batang dan suka produk-produk Batang, harapannya ke depan akan muncul produk-produk baru dari anak-anak Batang,” terangnya.

Haryono menyebutkan ada sekitar 60 UMKM dan ekonomi kreatif yang mengisi stan-stan Gebyar Ekonomi Kreatif UMKM Batang yang digelar selama tiga hari. 

“Oleh katena itu nanti wajib dilarisi ya jangan hanya dilihat saja. Saya juga berharap ada kebijakan Pj Bupati Batang bisa menggerakkan semua ASN atau tokoh-tokoh untuk mengunjungi dan belanja disini,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)