Home / Berita / Kesehatan / TAK PANDANG STATUS , IDI BATANG GAGAS LAYANAN GRATIS

Berita

Tak Pandang Status , IDI Batang Gagas Layanan Gratis

Batang - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Batang di usianya yang Ke-73, menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis terhadap masyarakat hingga layanan USG atau Ultrasonografi gratis bagi ibu hamil.

Batang - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Batang di usianya yang Ke-73, menggelar bakti sosial berupa pengobatan gratis terhadap masyarakat hingga layanan USG atau Ultrasonografi gratis bagi ibu hamil.

Untuk mendukung kesuksesan program turut menghadirkan 50 dokter spesialis, seperti sepesialis kandungan dan kebidanan, syaraf, kulit dan kelamin, patologi klinik, bedah dan lainnya.

Ketua IDI Cabang Batang Spesialis Bedah Muryanto mengatakan, pelayanan kesehatan gratis saat ini ditargetkan bagi 100 pasien. Namun masyarakat tidak perlu khawatir, karena ke depan IDI Cabang Batang akan memberikan pelayanan kesehatan gratis tiap dua pekan sekali.

“Kami akan membuka pelayanan kesehatan dan USG gratis tiap dua minggu sekali, hari Sabtu dan Minggu. Layanan ini akan diberikan tanpa memandang status ekonomi,” katanya, saat ditemui di Kantor IDI Cabang Batang, Kabupaten Batang, Selasa (24/10/2023).

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan layanan kesehatan, cukup mendaftar di Sekretariat IDI Cabang Batang mulai pukul 09.00 WIB dan pelayanan dimulai pukul 10.00 - 11.00 WIB.

“Tujuan utamanya jelas untuk mengabdi kepada semua lapisan masyarakat melalui keilmuan yang dimiliki,” jelasnya.

Hingga kini jumlah dokter secara keseluruhan di Kabupaten Batang mencapai 224 orang, baik yang bertugas di rumah sakit pemerintah maupun swasta, termasuk mereka yang baru lulus.

“Khusus untuk dokter spesialis bedah, anak, kandungan dan kebidanan jumlahnya perlu ditingkatkan,” tegasnya.

Salah satu pasangan suami istri, Reza dan Anis pun tak menyia-nyiakan kesempatan untuk memeriksakan kondisi calon bayi dalam kandungan. Anis mendukung penuh dengan program USG gratis yang diinisiasi oleh IDI Cabang Batang.

"USG-nya gratis, kalau periksa ke dokter antara Rp150 ribu hingga Rp300 ribu. Alhamdulillah ini bisa menghemat, biayanya bisa untuk bersalin,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)