Home / Berita / Pertanian / STABILKAN KETAHANAN PANGAN, KPW BI TEGAL SALURKAN 2.000 BIBIT CABAI

Berita

Stabilkan Ketahanan Pangan, KPw BI Tegal Salurkan 2.000 Bibit Cabai

Batang, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tegal menyalurkan 2.000 bibit cabai kepada Gapoktan binaan di Kabupaten Batang.

Batang, Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tegal menyalurkan 2.000 bibit cabai kepada Gapoktan binaan di Kabupaten Batang.

Penyaluran bibit cabai sudah dilakukan sebanyak 12.000 bibit cabai disalurkan ke Gapoktan yang ada di seluruh karisidenan Pekalongan.

Bantuan bibit cabai itu diserahkan langsung oleh Kepala KPw Bank Indonesia Tegal, Marwadi kepada perwakilan Gapoktan Batang saat kegiatan Operasi Pasar Murah di Jalan Veteran Batang.

"Bantuan bibit cabai ini dilakukan sebagai upaya preventif, untuk menstabilkan harga cabai dengan mendorong ketahanan pangan," katanya, Rabu (27/8/2023).

Selain itu, bantuan bibit cabai sendiri merupakan program setiap tahun, sebagai upaya preventif untuk mengatasi permasalahan kenaikan harga cabai untuk penyaluran bibit cabai sendiri, KPw BI Tegal akan menyalurkan total 17.000 bibit.

"Targetnya tahun ini bisa menyalurkan 17.000 bibit cabai, untuk saat ini masih 12.000 cabai yang sudah tersalurkan," jelasnya.

Pihaknya berharap semua masyarakat bisa menanam cabai sehingga bisa mandiri jadi tidak ada lagi kenaikan harga cabai karena mereka sudah punya stok sendiri tidak bergantung pasar.

"Kami juga ingin program bibit ini bukan hanya di kelompok petani tetapi juga mungkin kita juga bisa berikan kepada pesantren pada masjid yang mempunyai halaman jadi mereka bisa menanam cabai, jadi semua pekarangan bisa kita manfaatkan," pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Ela)