Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / VERIFIKASI ODF 2023, KABUPATEN BATANG MENUJU SEHAT

Berita

Verifikasi ODF 2023, Kabupaten Batang Menuju Sehat

Batang - Lingkungan yang sehat merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Untuk mewujudkan lingkungan Kabupaten Batang yang sehat, salah satunya dicapai dengan perilaku Open Defecation Free (ODF) atau stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Batang - Lingkungan yang sehat merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan masyarakat yang sehat. Untuk mewujudkan lingkungan Kabupaten Batang yang sehat, salah satunya dicapai dengan perilaku Open Defecation Free (ODF) atau stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Batang melalui Dinas Kesehatan Batang melaksanakan verifikasi ODF tingkat Kabupaten Batang untuk menilai apakah masih ada masyarakat yang BAB sembarangan.

Adapun verifikator ODF dari Propinsi Jawa Tengah terdiri dari tim Dinas Kesehatan, OPD terkait, wilayah Semarang dan perwakilan dari Kabupaten lain.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, untuk mencapai status ODF bukan hal yang mudah. Komitmen dan kesadaran semua pihak sangat dibutuhkan.

“Kabupaten Batang ODF 2023 tidak akan terwujud tanpa dukungan seluruh masyarakat Batang. Untuk itu, mari bersama kita wujudkan Kabupaten Batang ODF. Dengan ODF, lingkungan lebih bersih, dan masyarakat bisa lebih sehat,” katanya saat ditemui di Pendopo Kabupaten Batang, Selasa (19/9/2023).

Ia berharap, semoga segala persiapan untuk verifikasi penilaian nanti bisa mendapatkan penilaian baik, mulai dari dokumen dan kelengkapan lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Provinsi Jateng Yuni Rahayuningtyas menyampaikan,

Kabupaten Batang ini merupakan yang Ke-33 ODF, Insyaallah hari ini kami bersama-sama untuk memverifikasi ke lapangan langsung bagaimana berkaitan dengan ODF. Walaupun ini merupakan Ke-33 dan masih ada dua Adiknya lagi yaitu Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Purworejo, mudah-mudahan juga terinspirasi dari semangat panjenengan semua, semoga dapat menyusul seperti Kabupaten Batang.

“Berbagai cara upaya dilakukan oleh Kabupaten Batang tentunya dimulai dengan berbagai hal seperti pelatihan dan sosialisasi kemudian ada juga menginternalisasi bahkan kemudian juga ada berbagai upaya koordinasi agar semuanya bisa berkomitmen,” terangnya.

Kami yakin itu bukan hal yang mudah karena itu memang paham betul bahwa apa yang tadi disampaikan oleh ibu Pj Bupati Batang ini memang luar biasa semangatnya untuk Kabupaten Batang.

“Bahwa kita memang menginginkan agar Kabupaten Batang maupun provinsi Jawa Tengah segera ODF. tadi sudah saya Sebutkan siapa saja yang berada di tim kita, saya yakin dan ini nantinya juga akan melakukan verifikasi secara objektif, karena kita ingin supaya apa yang sudah dilakukan verifikasi administrasi sebelumnya dan juga sudah dilakukan deklarasi sebelumnya itu juga betul-betul di lapangan sesuai yang kami inginkan,” tandasnya.

Dalam penilaian ODF, ada 8 desa yang dikunjungi oleh tim verifikator yakni Desa Kluwih Kecamatan Bandar, Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Batang, Desa Botolambat Kecamatan Kandeman, Desa Pretek Kecamatan Pecalungan, Desa Sengon Kecamatan Subah, Desa Beji Kecamatan Tulis, Desa Sendang Kecamatan Wonotunggal, Desa Penundan Kecamatan Banyuputih. (MC Batang, Jateng/Jumadi)