Dekatkan Aduan dalam Genggaman, Dinkes Batang Luncurkan KONLAPORBAE
Batang - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Layanan konsultasi dan layanan pengaduan yang belum terpadu dan upaya meningkatkan kecepatan pelayanan menjadi motivasi utama meluncurkan website Layanan Konsultasi dan Layanan Pengaduan Online Responsif Berbasis Elektronik (KONLAPORBAE).
Batang - Dinas
Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batang terus berinovasi dalam memberikan pelayanan
kepada masyarakat. Layanan konsultasi dan layanan pengaduan yang belum terpadu
dan upaya meningkatkan kecepatan pelayanan menjadi motivasi utama meluncurkan
website Layanan Konsultasi dan Layanan Pengaduan Online Responsif Berbasis
Elektronik (KONLAPORBAE).
Portal tersebut dapat
diakses melalui gawai dan secara cepat direspons oleh tim yang melakukan
pemantauan tiap 8 jam sekali, untuk segera ditindaklanjuti ke bidang atau
layanan yang diadukan.
Sekretaris Dinkes
Batang,Ida Susilaksmi menyampaikan, selama ini aduan layanan dari masyarakat
disampaikan melalui beberapa platform digital, justru memperlambat respons
petugas dalam menanggapi tiap aduan.
“Kalau melihatnya saja
terlambat, otomatis tindaklanjutnya pun lambat. Lewat website KONLAPORBAE, yang
memadukan dua layanan sekaligus, bisa mengefektifkan pelayanan,” katanya, saat
ditemui, di ruang kerjanya, Kamis (14/9/2023).
Masyarakat dapat
memantau langsung sampai sejauh mana kecepatan respon petugas terhadap aduan
maupun konsultasi yang disampaikan, hingga menindaklanjuti sampai tuntas.
“Keluhan warga selama
ini seputar layanan di Puskesmas maupun Dinas Kesehatan. Dalam kurun waktu
setahun, Dinkes Batang mendapatkan lebih dari 50 aduan,” terangnya.
Ia juga menegaskan, jangan
memandang negatif sebuah aduan, justru itu merupakan wujud perhatian masyarakat
demi peningkatan kualitas layanan kesehatan di Dinas Kesehatan dan 21 Puskesmas
se-Kabupaten Batang.
Sejauh ini, Puskesmas
menanggapi positif dari sosialisasi tentang website tersebut.
“Mereka tidak terbebani karena sejalan dengan era
layanan yang serba digital,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)