Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / KWARCAB BATANG SERAHKAN ESTAFET TUNAS KELAPA KE KABUPATEN PEKALONGAN

Berita

Kwarcab Batang Serahkan Estafet Tunas Kelapa Ke Kabupaten Pekalongan

Batang - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-62, Kwartir cabang (Kwarcab) Batang menyerahkan Estafet Tunas Kelapa (ETK) ke Kwarcab Pekalongan.

Batang - Dalam rangka memperingati Hari Pramuka Ke-62, Kwartir cabang (Kwarcab) Batang menyerahkan Estafet Tunas Kelapa (ETK) ke Kwarcab Pekalongan.

Penyerahan dilakukan oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Batang Retno Dwi Irianto kepada Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum Gerakan Pramuka Kwarcab Pekalongan Wahyu Kuncoro di Kantor Kecamatan Karangdadap, Kabupaten Pekalongan, Minggu (27/8/2023).

Sebelumnya, Estafet Tunas Kelapa masuk di Wilayah Kwarcab Batang setelah diserahkan oleh Kwarcab Kendal di SMP N 2 Bawang, Sabtu (26/8/2023) sore, kemudian dipersemayamkan di Kantor Kecamatan Reban.

Ketua Panitia ETK Tahun 2023 di Kwarcab Batang Nur Nasetianugroho mengatakan, dalam perjalanannya menuju Kwarcab Pekalongan, terdapat 8 etape di Kwartir Ranting (Kwarran) yang di lalui, yaitu Kwarran Bawang, Reban, Blado, Bandar, Wonotunggal dan Warungasem.

“Pasukan inti berasal dari anggota Pramuka Penegak dan Pasukan Pramuka Penggalang yang berada ditiap Kwarran atau tiap etape yang berjumlah 61 pasukan inti,” jelasnya.

Ia menjelaskan, ETK merupakan tradisi yang dilakukan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah dalam memperingati Hari Pramuka. Tradisi ini dilakukan sejak tahun 1970 yang dicetuskan oleh Kak Johnny Andries bersama Kak Adisucipto dan Kak Marwoto.

“Setelah dari Kwarcab Pekalongan, nantinya Estafet Tunas Kelapa akan dipersemayamkan terakhir di Kwarcab Pemalang, yang mana sebagai tempat puncak acara Hari Pramuka Kwarda Jawa Tengah Tahun 2023,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Ardhy/Jumadi)