Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / SEMANGAT NASIONALISME WARGA DESA PRANTEN RAYAKAN HUT KE-78 RI

Berita

Semangat Nasionalisme Warga Desa Pranten Rayakan HUT Ke-78 RI

Batang - Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, merayakan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia dengan penuh khidmat dan kebanggaan tepat pukul 07.30 WIB di Lapangan Desa Pranten, Kabupaten Batang, Kamis (17/8/2023).

Batang - Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, merayakan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia dengan penuh khidmat dan kebanggaan tepat pukul 07.30 WIB di Lapangan Desa Pranten, Kabupaten Batang, Kamis (17/8/2023).

Lagu-lagu perjuangan diputar untuk bangkitkan semangat patriotisme. Sehingga mampu hilangkan dinginya cuaca bukit di ketinggian 1.870 mdpl yang mencapai 17°C.

Dengan penuh semangat dan jiwa nasionalis warga pelosok di wilayah selatan Kabupaten Batang keluar dari pintu rumah berjalan menyusuri bukit, menuju lapangan Desa setempat.

Acara upacara ini dimeriahkan oleh warga dari empat Dukuh yakni Sigemplong, Pranten, Rejosari dan Bintoro Mulyo dengan menggunakan baju adat.

Tak hanya itu, pemuda Satuan Satuan Siswa, Pelajar, dan Mahasiswa (SAPMA) Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kabupaten Batang turut hadir untuk merayakan momen bersejarah ini.

Kepala Desa Prantren Muhamad Syarifudin, dengan sikap tegas dan penuh semangat, mengemban tugas sebagai Inspektur Upacara. Ketegasannya menginspirasi kebangkitan patriotisme dan rasa cinta tanah air.

Detik-detik bersejarah terlihat saat bendera Merah Putih dikibarkan oleh anggota SAPMA MPC PP dilakukan dengan penuh totalitas.

Adapun anggota SAPMA MPC Pemuda Pancasila yang menjadi petigas protokol yakni, Feni dwi handayani, dan Pembaca UUD45 Muhammad Dani.

Lalu untuk Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih yakni, Yudi ardiansyah,Ana yuliyanto, Sukasri, Nasrulloh, Riizal, Harmadi, Turah Amin, Yati Amelia, Fathul Rohman, Nelis Sakinah, Dimas Arya Ogiftian, Fina listiyani.

Ketua Pengurus Cabang SAPMA Batang, M Yasin mengatakan, keterlibatan anggota SAPMA melambangkan semangat intelektual muda yang menghormati nilai-nilai dasar negara dan para pahlawan yang gugur dalam perjuangan kemerdekaan maupun mempertankan Bangsa Indonesia.

“Perayaan HUT Ke-78 Republik Indonesia di Desa Pranten menjadi bukti nyata bahwa semangat perjuangan para pahlawan masih menyala di hati masyarakat. Meskipun mereka berada di polosok desa jauh dari hiruk pikuk perkotaan,” jelasnya.

 Generasi muda Pranten yang tergabung dalam SAPMA MPC Batang penuh semangat dan rasa cinta tanah air telah siap meneruskan estafet perjuangan, menuju cita-cita Visi Indonesia Maju di tahun-tahun mendatang. (MC Batang, Jateng/Edo/Ela)