Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / RAYAKAN KEMERDEKAAN, WARGA SAMBONG KEBON KENDARAI "TANK"

Berita

Rayakan Kemerdekaan, Warga Sambong Kebon Kendarai "Tank"

Batang - Ratusan warga RT 2 RW 2 Desa Sambong Kebon merayakan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia dengan menggelar "Karnaval 17-an", yang ditunjukkan melalui kostum yang beragam.

Batang - Ratusan warga RT 2 RW 2 Dukuh Sambong Kebon merayakan Hari Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia dengan menggelar "Karnaval 17-an", yang ditunjukkan melalui kostum yang beragam.

Mulai kostum anggota TNI yang mengendarai kendaraan tank yang dikolaborasikan dengan becak hingga kaum ibu yang mengenakan kostum pelajar dan Linmas.

Ketua panitia Suwarno mengatakan, karnaval ini digelar untuk menunjukkan semangat nasionalisme warga Sambong Kebon dengan menampilkan 5 pasukan, yakni pasukan merah putih, remaja berprestasi, Tim PKK dan pasukan tempur.

“Ada 250 warga kami yang berpartisipasi memakai kostum dan aksesoris unik, untuk memeriahkan hari kemerdekaan,” katanya, saat ditemui di Jalan Primaraya, Sambong, Kabupaten Batang, Kamis (17/8/2023).

Inisiator becak tank, Budi menerangkan, dipilihnya tank sebagai sumber inspirasi karena kendaraan tersebut sangat melekat dengan rakyat Indonesia.

“Tank itu simbol pertahanan Indonesia. Bahannya terbuat dari kertas karton dan semen yang dibalutkan di atas becak dengan warga berpakaian tentara siap menembak musuh yang mengancam kedaulatan NKRI. Proses pembuatannya cuma dua minggu dibantu warga,” jelasnya.

Sementara itu, Lurah Sambong Teguh Setiyanto mengapresiasi, kreativitas warganya dalam menyemarakkan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, sebab meskipun hanya 1 RT semangat yang ditunjukkan luar biasa besar.

“Dari tua, muda, bapak, ibu dan anak semuanya ikut bergembira merayakan hari kemerdekaan,” tuturnya.

Melihat keunikan kostum dan miniatur kendaraan tank, ia mendukung penuh kreativitas warganya.

“Kreativitas warga memang tidak boleh kita bendung. Itu kreativitas murni dari warga dan hasilnya luar biasa unik,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)