Home / Berita / Aktivitas Pemuda Pramuka dan Organisasi Sosial / 75 PELAJAR TERPILIH PASKIBRAKA PERAYAAN HUT RI KE-78

Berita

75 Pelajar Terpilih Paskibraka Perayaan HUT RI Ke-78

Batang - Sebanyak 75 Pelajar terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Peringatan Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia.

Batang - Sebanyak 75 Pelajar terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Peringatan Ulang Tahun Ke-78 Republik Indonesia.

Paskibraka yang terpilih dapat melewati serangkaian tes, dan berkompetisi mengalahkan 600 pelajar lainnya seluruh Kabupaten Batang.

“Sebenarnya yang terpilih ada 76 orang, tetapi satu diantara mereka menjadi perwakilan Kabupaten Batang di Paskibraka Jateng,” kata Kepala Disparpora Batang Yarsono usai mendampingi latihan rutin Paskibraka di halaman Rumah Dinas Bupati Batang, Kabupaten Batang, Jumat (3/8/2023).

Bahwa tahun ini pelaksanaan seleksi Paskibraka digelar secara online dan terpusat. Sehingga hasilnya pun lebih transparan dan bisa diketahui masyarakat secara langsung.

“Selain itu, tidak hanya sekadar kekuatan fisik dan postur tubuh saja, mereka menguji terkait dengan tes pengetahuan umum. Pada akhir bulan Juli kemarin kami sudah melakukan latihan yang akan difokuskan menjelang upacara kemerdekaan dengan pelaksanaan karantina di Hotel Sendang Sari Batang,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, pelatihan Paskibraka tahun ini menghadirkan pelatih terbaik dari Kodim 0736 dan Polres Batang.

Sementara itu, Perwakilan pelatih Paskibraka Batang, Sertu Mochammad Ramli menyampaikan, tidak hanya sekedar latihan PBB, para Paskibraka terpilih turut diuji ketahanan fisiknya.

“Mereka pun biasanya memulai latihan dengan lari pagi. Kemudian latihan penguatan dengan push up dan set up, sprint dan aneka latihan lainnya untuk kekuatan kaki. Kemudian dilanjutkan dengan latihan baris berbaris pada pukul 10.00 WIB,” terangnya.

Sehingga mulai dari latihan sudah terbiasa beraktivitas di bawah terik matahari. Karena selain persyaratan seperti tinggi badan dan lainnya, yang paling utama adalah kesehatan mereka.

“Karena nantinya mereka harus tampil maksimal saat upacara kemerdekaan,” tandasnya.

Ia berharap, nantinya bisa memberikan hasil yang terbaik dalam Upacara Kemerdekaan RI Ke-78. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)