Home / Berita / Pelayanan Publik / PERSONEL GABUNGAN, SIAP AMANKAN PILKADES SERENTAK

Berita

Personel Gabungan, Siap Amankan Pilkades Serentak

Batang - Personel gabungan TNI - Polri siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap II dengan digelarnya apel di Lapangan Sinara Desa Pretek, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Sabtu (15/7/2023).

Batang - Personel gabungan TNI - Polri siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahap II dengan digelarnya apel di Lapangan Sinara Desa Pretek, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Sabtu (15/7/2023).

Pilkades Tahap II dilaksanakan pada Minggu (16/7/2023), untuk tiga desa yaitu Desa Pretek di Kecamatan Pecalungan, Desa Lebo dan Desa Cepagan di Kecamatan Warungasem.

“Kegiatan ini merupakan wujud komitmen TNI-Polri dalam menjaga kondusivitas, keamanan, netralitas, dan transparansi Pilkades,” kata Kapolres Batang AKBP Saufi Salamun saat ditemui di Mapolres Batang, Kabupaten Batang, Minggu (16/7/2023).

Sementara itu, Kabagops Polres Batang, Kompol Abdul Fatah menerangkan, apel pasukan merupakan momen penting dalam rangka mengkoordinasikan seluruh personel yang akan dilibatkan dalam pengamanan Pilkades Serentak Tahap II.

“Kami memastikan setiap anggota memahami tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” tegasnya.

Personel pengamanan harus mampu menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan berlangsung. Selain itu, netralitas dan transparansi juga menjadi fokus utama yang harus dijaga.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pengamanan yang optimal selama Pilkades di tiga tempat. Kami akan menjaga netralitas dan memastikan seluruh proses berlangsung dengan transparan. Kondusivitas menjadi prioritas kami,” terangnya.

Pilkades Serentak Tahap II Kabupaten Batang merupakan bagian dari upaya pemerintah daerah untuk mewujudkan demokrasi yang berkeadilan. Proses pemilihan kepala desa melibatkan partisipasi aktif warga masyarakat dalam menentukan pemimpin yang diharapkan dapat memajukan desa ke depan.

Ia juga menegaskan, Pilkades Serentak Tahap II Kabupaten Batang akan menjadi tonggak penting dalam perjalanan demokrasi di tingkat desa.

“Dengan menjaga netralitas, transparansi, dan melibatkan partisipasi aktif masyarakat, diharapkan desa-desa di Kabupaten Batang akan semakin maju dan sejahtera,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)