Home / Berita / Pelayanan Publik / TINGKATKAN KUALITAS, LAPAS BATANG JALIN KEMITRAAN LINTAS INSTITUSI

Berita

Tingkatkan Kualitas, Lapas Batang Jalin Kemitraan Lintas Institusi

Batang - Lapas Kelas IIB Batang menjalin kemitraan dengan sejumlah instansi untuk meningkatkan kualitas pelatihan kompetensi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), sebelum kembali ke lingkungan masyarakat.

Batang - Lapas Kelas IIB Batang menjalin kemitraan dengan sejumlah instansi untuk meningkatkan kualitas pelatihan kompetensi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), sebelum kembali ke lingkungan masyarakat.

Lapas Batang telah melakukan penandatanganan kerja sama dengan Universitas Islam Negeri Abdurrahman Wahid, PKBM Wahana Ilmu dan Studio Musik Zig Zag.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Kanwil Kemenkumhan Jateng Hantor Situmorang menyampaikan, tugas pembinaan kepada WBP makin mudah setelah terjalinnya kerja sama dengan banyak pihak. Hasil pelatihan yang didapat, akan meningkatkan kualitas kompetensi sebelum memasuki masa bebas dari pidana.

“Salah satu hasil kerja sama nantinya WBP yang telah diberikan pelatihan psikoterapi bersertifikat, sehingga kemampuannya dapat digunakan untuk hal yang bermanfaat terlebih setelah bebas dari Lapas,” katanya, usai meninjau ruang Untung Suropati (Unsur), di Lapas Kelas IIB Batang, Kabupaten Batang, Selasa (11/7/2023).

Salah satu Staf Keperawatan, Lapas Kelas IIB Batang Dody Sam Yusuf mengatakan, psikoterapi merupakan sebuah metode untuk menciptakan kenyamanan dan ketenangan diri. Pelatihan diberikan tiga kali dalam sepekan kepada WBP khususnya bagi tahanan baru.

“Kami memilih tahanan baru, karena mayoritas mereka yang baru masuk seringkali mengalami ketindaktenangan dalam diri. Sistem pengkaderan sudah kami lakukan, ada tiga sampai lima WBP yang kami latih kemampuan psikoterapi, sehingga dapat membantu sesamanya mencapai ketenangan,” jelasnya.

Pelatihan yang diperoleh nantinya belum bisa digunakan untuk kepentingan publik, namun lebih condong untuk menjaga kestabilan mental, sehingga mencegah WBP kembali mengulangi perbuatannya.

Dalam kunjungannya, Plt Kepala Kanwil Kemenkumhan Jateng, Hantor Situmorang juga meresmikan ruang Unsur sebagai tempat WBP mendapatkan berbagai pelatihan keterampilan, seperti musik, psikoterapi dan lainnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)