Home / Berita / Sosial / JAGA HIGIENIS, JAMAAH MUHAMMADIYAH PERCAYAKAN KURBAN KE JULEHA

Berita

Jaga Higienis, Jamaah Muhammadiyah Percayakan Kurban ke Juleha

Batang - Sebagian warga Muhammadiyah di Karangasem Utara melakukan penyembelihan hewan kurban berupa tiga ekor sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), usai melaksanakan ibadah salat Iduladha.

Batang - Sebagian warga Muhammadiyah di Karangasem Utara melakukan penyembelihan hewan kurban berupa tiga ekor sapi di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), usai melaksanakan ibadah salat Iduladha.

Penyembelihan dilakukan langsung oleh Juru Sembelih Halal (Juleha), demi menjaga higienitas proses penyembelihan yang sesuai syariat.

Takmir Masjid Al Furqon Karangasem Utara, Rasokha mengatakan, Pimpinan Ranting Muhammadiyah Karangasem Utara telah menghimpun dari 21 jamaah untuk berkubang tiga ekor sapi.

“Penyembelihan langsung dilakukan hari ini, dan langsung didistribusikan kepada warga yang berhak menerima,” katanya, saat meninjau hewan kurban, di RPH Sambong, Kabupaten Batang, Rabu (28/6/2023).

Ia berkeyakinan seluruh hewan kurban dari RPH Sambong telah memiliki Sertifikat Kesehatan Hewan (SKH) dan dalam proses penyembelihan pun dipantau langsung oleh dokter hewan dari Dislutkannak setempat.

Jamaah yang melakukan pemotongan hewan kurban hari ini hanya dari Masjid Al Furqon, sedangkan jamaah lainnya kemungkinan besar esok harinya. .

“Rencananya daging kurban hari ini akan disalurkan kepada 600 warga yang berhak menerima, sehingga nilai kemanfaatannya lebih terasa,” terangnya.

Ditemui secara terpisah, Ketua PD Muhammadiyah Batang, M. Harto Setiyono menambahkan, berdasarkan data dari Lazismu mayoritas warga Muhammadiyah yang berkurban lebih memilih sapi.

“Alasannya karena faktor kesehatan, ini untuk antisipasi saja, bagi mereka yang mungkin mengidap kolesterol tinggi,” ujar dia.

Ia menerangkan, sebagian besar warga Muhammadiyah akan berkurban esok hari. Nantinya dari Lazismu akan mendistribusikan ke 12 titik, terutama di daerah terpencil. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)