Home / Berita / Kesehatan / BENTUK USAHA SIMPAN PINJAM, PENGURUS POSYANDU KUNCUP MEKAR DI BATANG DAPAT ATASI STUNTING

Berita

Bentuk Usaha Simpan Pinjam, Pengurus Posyandu Kuncup Mekar di Batang Dapat Atasi Stunting

Batang - Upaya penanganan stunting tidak bergantung pada program pemerintah. Hal itulah yang dilakukan oleh para pengurus Posyandu Kuncup Mekar di Desa Beji, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang.

Batang - Upaya penanganan stunting tidak bergantung pada program pemerintah. Hal itulah yang dilakukan oleh para pengurus Posyandu Kuncup Mekar di Desa Beji, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang.

Membentuk Kelompok Usaha Bersama Simpan Pinjam Mekar Jaya, para pengurus Posyandu memenuhi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Balita dari laba usahanya. Total sudah ada 580 Balita yang mendapat PMT gratis dari usaha para pengurus Posyandu itu.

“Sekitar 50 persen hasil Kelompok Usaha Bersama (KUB) Simpan Pinjam untuk PMT yang tersebar di 9 Posyandu. Sisanya untuk tambahan modal usaha,” kata Ketua Posyandu Kuncup Mekar Solechati saat ditemui di Posyandu Kuncup Mekar Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Senin (22/5/2023).

Posyandu Kuncup Mekar membawahi sembilan posyandu yaitu satu Posyandu Bindu, empat posyandu Balita, tiga posyandu Lansia dan satu posyandu ibu hamil.

Solechati menyebut aset KUB Simpan Pinjamnya saat ini sudah mencapai Rp58,5 juta. Anggotanya mencapai 43 orang.

“KUB mendapat sokongan dari Corporate Social Responsibility (CSR) PT Bhimasena Power Indonesia (BPI) atau pengelola PLTU Batang sejak 2014. Total dana yang digelontorkan BPI hingga saat ini mencapai Rp28,5 juta,” terangnya.

Dukungan modal dari BPI mencakup 14 KUB Kader Kesehatan yang membuat usaha simpan pinjam. Margin dari usaha itu untuk memenuhi kebutuhan PMT secara mandiri.

Secara kumulatif, Sisa Hasil Usaha (SHU) dari usaha simpan pinjam KUB Kader berjumlah total Rp813.404.000,00.

“Adapun dari total hasil SHU tersebut, sejumlah Rp445.791.950,00 telah didistribusikan untuk kebutuhan PMT

bagi 57 posyandu di 14 desa,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)