Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PEMKAB BATANG GELAR FESTIVAL BUAH SEMANGKA

Berita

Pemkab Batang Gelar Festival Buah Semangka

Batang - Kecamatan Gringsing memang populer sebagai wilayah penghasil semangka, ketika musim panen raya pada bulan Mei 2023 menggelar festival buah semangka.

Batang - Kecamatan Gringsing memang populer sebagai wilayah penghasil semangka, ketika musim panen raya pada bulan Mei 2023 menggelar festival buah semangka.

“Festival buah semangka dalam rangka syukuran atas hasil panen buah semangka pada tahun ini. Dalam festival ini, dimeriahkan dengan lomba kontes buah semangka,” kata Ketua Penyuluhan Petani Batang M Ariesna saat ditemui di Pantai Jodo Kecamatan Gringsing, Kabupaten Batang, Minggu (14/5/2023).

Festival buah semangka diikuti oleh 59 peserta yang nanti akan mengonteskan buah semangka hasil dari kebunnya dengan mencari kategori terberat.

“Kontes buah semangka ini dibedakan menjadi dua, yakni semangka merah dan semangka kuning serta juara umum mengambil semangka yang beratnya dari keduanya,” jelasnya.

Semangka yang keluar menjadi juara umum beratnya mencapai 12,7 kg per buah semangka merah.

Hadirnya festival buah semangka di Kabupaten Batang menandakan bahwa Kecamatan Gringsing sebagai sentra buah semangka.

“Festival ini memang baru ada pada tahun ini, karena memang dukungan oleh semua pihak dari Pemerintah, Petani dan Sponsor saling berenergi,” tuturnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, cukup meriah festival buah semangka pertama di Kabupaten Batang yang mana tepatnya di Desa Sidorejo, Desa Yosorejo dan Desa Krengseng yang mempunyai potensi penanaman buah semangka bagus.

“Hasil panennya sudah cukup maksimal perhektar bisa mencapai 25 ton hingga 32 ton buah semangka,” terangnya.

Dengan waktu tanam yang lumayan singkat yakni antara 2 bulan sampai 3 bulan saja. Ke depan wilayah ini akan dijadikan sentra buah semangka di Kabupaten Batang.

“Tadi sudah sempat mencicipi buahnya memang enak, segar karena airnya banyak, manis, dan masir,” ujar dia.

Ia berharap, semoga ke depan hasil semangka di daerah Kecamatan Gringsing terus berkembang untuk membantu peningkatan perekonomian warga disini. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)