Home / Berita / Pemilu / KPU BATANG MULAI TERIMA BERKAS BACALEG

Berita

KPU Batang Mulai Terima Berkas Bacaleg

Batang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang mulai menerima berkas pengajuan Bakal calon legislatif (Bacaleg) pada hari ke 11 sejak dimulainya pendaftaran. Pendaftaran Bacaleg dibuka oleh KPU Batang mulai tanggal 1 Mei hingga 14 Mei 2023.

Batang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang mulai menerima berkas pengajuan Bakal calon legislatif (Bacaleg) pada hari ke 11 sejak dimulainya pendaftaran. Pendaftaran Bacaleg dibuka oleh KPU Batang mulai tanggal 1 Mei  hingga 14 Mei 2023.

“Bahwa hari ini telah menerima berkas pengajuan Bacaleg dari Nasdem dan PDIP,” kata Ketua KPU Batang Nur Tofan saat ditemui usai verifikasi berkas pengajuan Bacaleg di Kantor KPU Batang, Kabupaten Batang, Kamis (11/5/2023).

Nasdem dan PDIP merupakan partai pertama yang mendaftarkan Bacalegnya sejak dibukanya pendaftaran pada 1 Mei lalu.

“Jadi hari ini sudah ada 90 Bacaleg yang sudah mendaftar di KPU Batang. Dari 45 Bacaleg Nasdem dan 45 Bacaleg PDIP yang sedang kami verifikasi berkasnya,” jelasnya.

Berkas persyaratan Bacaleg yang harus kami cek ada tiga yakni pertama dokumen pengajuan, kemudian dokumen persetujuan dari DPP bagi Bacaleg yang diajukan, dan daftar nama Bacaleg tersebut.

“Jika ada parpol yang mengadakan pawai untuk mengarak Bacaleg itu silakan saja sesuai kebijakan para parpol,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDIP Batang Ahmad Ridwan mengatakan, hari ini partai PDIP Kabupaten Batang menyerahkan berkas pengajuan Bacaleg di Pemilu 2024.

“Ada 45 bacaleg yang kami daftarkan untuk maju pemilihan DPRD Kabupaten Batang. Pada pendaftaran Bacaleg ini ada 30 persen Bacaleg perempuan yang sudah memenuhi persyaratan dan ada 15 persen Bacaleg dari anak milineal,” terangnya.

Target PDIP di Pemilu 2024 setiap kecamatan di Kabupaten Batang harus ada yang jadi anggota DPRD Kabupaten Batang nanti.

“Latar belakang Bacaleg dari PDIP Kabupaten Batang sangat beragam mulai dari pengusaha, kepala desa, anggota DPRD Kabupaten Batang inkamben, santri dan kalangan milineal,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)