Home / Berita / Stabilisasi Harga Bahan Pangan / PENJUALAN AYAM DAN ITIK MEMBAIK JELANG LEBARAN

Berita

Penjualan Ayam dan Itik Membaik Jelang Lebaran

Batang - Pedagang ayam dan itik mulai bernapas lega karena lebaran tahun ini penjualan mulai membaik, menjelang lebaran tahun ini, dibandingkan saat tiga tahun dilanda Covid-19.

Batang - Pedagang ayam dan itik mulai bernapas lega karena lebaran tahun ini penjualan mulai membaik, menjelang lebaran tahun ini, dibandingkan saat tiga tahun dilanda Covid-19.

Salah satu sentra penjualan ayam dan itik hidup, di area pasar Batang makin ramai dengan aktivitas jual beli. Mulai pagi hingga siang hari banyak konsumen yang menawar harga seekor ayam atau itik, untuk dijual kembali ke konsumen.

Salah satu pedagang ayam, Sodikin mengatakan, penjualan ayam di masa jelang lebaran tahun ini masih jauh lebih baik daripada tahun lalu, yang lumayan sepi.

“Tahun ini kan pemerintah sudah mengizinkan mudik besar-besaran, otomatis nanti yang masak opor ayam banyak karena keluarga yang pulang kampung berbondong-bondong, pasti ayamnya banyak yang beli,” katanya, saat menjajakan ayam kepada pembeli, di area Pasar Batang, Kabupaten Batang, Selasa (18/4/2023).

Untuk ayam jantan dengan berat 3 kilogram dijual seharga Rp150 ribu, ukuran sedang Rp130 ribu dan ukuran kecil Rp70 ribu per ekornya.

“Puncak penjualan biasanya H-2 dan H-1, dengan perkiraan omset mencapai Rp300 ribu sampai Rp400 ribu per hari ketika kondisi penjualan sedang ramai,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Rohim pedagang itik. Ia menyampaikan, penjualan tahun ini masih lebih ramai dibandingkan tahun lalu yang cenderung sepi.

“Paling laku itik jantan seharga Rp250 ribu, tapi ada pula yang beli itik betina seharga Rp100 ribu per ekornya. Omsetnya kalau pas ramai ya bisa sampai Rp200 ribu per harinya,” ujar dia.

Para pedagang ayam dan itik mengharapkan penjualan tahun ini lebih baik dengan keuntungan yang berlipat, melihat kondisi pemudik yang pulang lebih awal sehingga memberi kesempatan untuk berbelanja kebutuhan menu lebaran, seperti opor ayam dan pelengkapnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)