Home / Berita / Pertanian / ALPUKAT ASAL WONOTUNGGAL JUARA KONTES FESTIVAL BUAH NUSANTARA BATANG

Berita

Alpukat Asal Wonotunggal Juara Kontes Festival Buah Nusantara Batang

Batang - Varietas buah alpukat lokal di Dukuh Tegalsari Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang terpilih menjadi juara pertama dalam kontes buah alpukat di Festival Buah Nusantara Batang.

Batang - Varietas buah alpukat lokal di Dukuh Tegalsari Kecamatan Wonotunggal Kabupaten Batang terpilih menjadi juara pertama dalam kontes buah alpukat di Festival Buah Nusantara Batang.

Buah alpukat dengan nama “AWE” yang kepanjangan mempunyai arti Alpukat Wonotunggal Enak mendapatkan nilai yang paling tinggi.

Petani Alpukat AWE Eko Arif Wijayanto mengatakan, bahwa alpukat ini hanya satu pohon induknya di Kecamatan Wonotunggal yang berumur 6 tahun.

“Alpukat ini mempunyai kandungan manisnya mencapai 15,9 sampai 17 persen setelah dilakukan tes pendeteksi rasa oleh dewan juri. Jadi kurang lebih kandungan manisnya seperti buah melon,” katanya saat ditemui di halaman Pendopo, Kabupaten Batang, Kamis (23/2/2023).

Cita rasanya sendiri gurih dan legit ada pada setiap daging alpukatnya dan satu-satunya alpukat dibawah 500 gram dengan bentuk bulat sempurna.

Ia juga mengatakan, satu pohon indukan alpukat AWE, setiap bulan bisa panen terus-menerus. Sehingga selama satu tahun produksinya sebanyak 50 kg.

“Pembibitannya ke depan bekerjasama dengan Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia (Perhiptani) Batang agar yang mengurusi orang lokal saja. Meskipun kami mendapatkan fasilitas bantuan sertifikat dari Pertanian Jawa Tengah,” terangnya.

Untuk pasaran buah alpukat AWE masih dalam lingkup Kabupaten Batang saja. Karena stock buahnya yang memang terbatas. Itulah yang menjadikan alpukat AWE spesial.

Tadi saja dari pihak supermarket sudah memberikan penawaran buah alpukat AWE bisa dijual disana. melihat beratnya ideal dan bentuknya bagus bila di display.

“Ke depannya menunggu pohon alpukat AWE di sertifikat dahulu, baru akan mulai pembibitan untuk disebarluaskan lewat Perhiptani Kabupaten Batang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)