Home / Berita / Acara Pimpinan Daerah / PEMKAB BATANG BERSAMA FORKOPIMDA BATANG GELAR KESIAPSIAGAAN ANTISIPASI BENCANA

Berita

Pemkab Batang Bersama Forkopimda Batang Gelar Kesiapsiagaan Antisipasi Bencana

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang bersama Forkopimda menggelar apel siaga bencana antisipasi cuaca ektrim dua hari ini di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang, Rabu (22/2/2023).

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang bersama Forkopimda menggelar apel siaga bencana antisipasi cuaca ektrim dua hari ini di Jalan Veteran Batang, Kabupaten Batang, Rabu (22/2/2023).

Apel dipimpin oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki dan dihadiri langsung oleh Direktur Pol Airud Polda Jateng Kombes Pol Hariadi.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, apel siaga bencana hari ini merupakan kegiatan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana.

“Cuaca ekstrim sampai sekarang menjadi salah satu kesiapan kami. Sehingga, jika dengan kondisi ekstrim saat hujan bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor seperti kejadian longsor di jalan raya Reban-Blado meskipun kecil perlu tetap waspada,” jelasnya.

Kewaspadaan ini melihat perkiraan adanya bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang.

“Kejadian itu pada periode terakhir tahun 2022 sampai dengan hari ini di Kabupaten Batang telah terjadi bencana banjir sebanyak 24 kejadian, banjir bandang 1 kejadian, dan tanah longsor 7 kejadian serta angin kencang 13 kejadian,” terangnya.

Terjadinya bencana memang datang secara tiba-tiba dan tidak dapat kita duga. Oleh karena itu, kesiapsiagaan masyarakat dalam mengantisipasi bencana sangat penting agar mereka mampu melakukan tindakan mengurangi resiko ketika bencana.

Kesiapsiagaan menjadi kunci untuk menyiapkan kemampuan masyarakat agar dapat merespon kejadian secara cepat dan tepat.

“Makanya, sekarang banyak sekali relawan yang kami fasilitasi kegiatan kebencanaan supaya dari mereka bisa mengajarkan kepada lingkungan sekitar dan keluarga dalam menanggapi bencana yang datang,” ujar dia.

Pasukan yang disiapkan antisipasi bencana terdiri dari TNI/Polri, BPBD, Satpol PP Damkar, Dishub, hingga relawan. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)