Home / Berita / Lingkungan / SEKOLAH AJARKAN SISWA KELOLA SAMPAH SEJAK DINI

Berita

Sekolah Ajarkan Siswa Kelola Sampah Sejak Dini

Batang - SMPN 2 Limpung Batang menghelat kegiatan pengelolaan sampah organik dan anorganik bagi para siswa di Lapangan SMPN 2 Limpung, Sabtu (21/1/2023).

Batang - SMPN 2 Limpung Batang menghelat kegiatan pengelolaan sampah organik dan anorganik bagi para siswa di Lapangan SMPN 2 Limpung, Sabtu (21/1/2023).

Kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila yang bertajuk Gaya Hidup Berkelanjutan ini mengajarkan para siswa untuk mengelola sampah sejak dini.

Wakil Kepala SMPN 2 Limpung Dhiana Kurniawati mengatakan, kali ini SMPN 2 Limpung menggandeng Komunitas Batang Berkebun (KBB) untuk mengajarkan seluruh siswa kelas VII membuat kompos dan ecobrick.

“Hari ini kami menyelenggarakan diskusi bersama KBB. Kami ingin para siswa belajar cara mengelola sampah baik organik maupun anorganik. Yang ingin kami tekankan adalah bagaimana agar para siswa semakin peduli terhadap lingkungan,” jelasnya.

Disebutkannya, tema yang diusung dalam kegiatan ini yakni "Kemana Perginya Sampahku". Para siswa langsung mempraktikkan cara mengelola sampah, sampah organik diproses menjadi kompos daun dan pupuk organik cair (POC), sedangkan sampah anorganik diproses menjadi ecobrick.

“Harapannya kegiatan ini bisa dikembangkan secara berkelanjutan di lingkungan sekolah serta siswa bisa menerapkan di lingkungan masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KBB Ibnu Ihsan Muttaqin berpesan, kepada para siswa untuk mulai peduli terhadap lingkungan dengan mengelola sampah. Sampah yang dikelola akan bermanfaat bagi lingkungan.

“Jika lingkungan bersih lingkungan akan semakin sehat, begitu pula dengan badan kita. Semoga hal yang KBB sampaikan hari ini dapat bermanfaat bagi para siswa di SMPN 2 Limpung,” terangnya.

Ibnu mengaku senang dapat berinteraksi dengan para siswa untuk belajar mengelola sampah.

“Alhamdulillah para siswa antusias mengikuti. Semoga mereka terus mengembangkan hal yang didapat hari ini. Semoga kegiatan ini bisa berkesinambungan dengan program sekolah,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)