Home / Berita / Pariwisata / DPRKP SIAP SULAP TPU KEBUMEN JADI WISATA RELIGI

Berita

DPRKP Siap Sulap TPU Kebumen Jadi Wisata Religi

Batang Pembangunan Taman Pemakaman Umum (TPU) Kebumen yang ditargetkan selesai pada 2023 mendatang, juga akan difungsikan sebagai destinasi wisata.

Batang Pembangunan Taman Pemakaman Umum (TPU) Kebumen yang ditargetkan selesai pada 2023 mendatang, juga akan difungsikan sebagai destinasi wisata.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Batang berupaya menambah nilai kemanfaatan TPU Kebumen, yang tidak hanya sebagai tempat berziarah, tetapi juga sebagai destinasi wisata religi.

Kepala DPRKP Batang Eko Widiyanto mengatakan, TPU Kebumen dibangun sebagai sebuah taman yang nyaman bagi penziarah maupun anak-anak.

“Jadi kesan makam yang menakutkan itu hilang, sehingga ketika ada orang yang berziarah atau berkunjung itu merasa nyaman, termasuk penataan jenazah yang bernilai estetika,” ungkapnya, usai mengikuti diskusi Pemanfaatan TPU Kebumen, di aula Badan Kesbangpol Kabupaten Batang, Rabu (7/12/2022).

Sekretaris FKUB, Perwakilan Agama Katolik, Yohanes Anggoro Triharyanto mengatakan, pembangunan TPU Kebumen, merupakan cita-cita dari kalangan non muslim karena membantu memudahkan proses pemakaman yang selama ini sedikit terkendala lahan.

“Puji Tuhan ini menjadi sesuatu yang membahagiakan buat kami, khususnya kelompok minoritas,” ujar dia.

Ia mengharapkan, sarana prasarana penunjang ditambah.

“Akses jalan harus diperbaiki, penyediaan sanitasi, lampu penerangan dan tanda penunjuk lokasi pemakaman,” terangnya.

Kepala Badan Kesbangpol Batang, Agung Wisnu Barata mengatakan, perlakuan kepada semua agama atau aliran kepercayaan harus sama.

“Tidak membedakan antara yang mayoritas maupun minoritas. Kita layani dengan porsi yang sama, agar semua nyaman,” tandasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)