Diskominfo Batang Gelar Pelatihan Call Center 112
Batang - Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mengadakan kerjasama dengan PT. Casmita, PT. Esa dan 168 Solution dalam pelatihan Call Center 112 Kabupaten Batang melalui Video Conference di Ruang Analitik Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis (9/7/2020).
Batang
- Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batang mengadakan
kerjasama dengan PT. Casmita, PT. Esa dan
168 Solution dalam pelatihan Call
Center 112 Kabupaten Batang melalui Video Conference di Ruang Analitik
Diskominfo Kabupaten Batang, Kamis (9/7/2020).
Kepala
Diskominfo Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser mengatakan, pelatihan Call Center
112 untuk meningkatkan pelayanan masyarakat apabila terjadi kegawatdaruratan,
misalnya terjadi kecelakaan masyarakat bisa langsung telpon ke 112 yang bebas
pulsa.
“Masyarakat
tidak usah khawatir jika melihat kejadian seperti kecelakaan, kebakaran, dan
bencana alam jika tidak mempunyai pulsa masih bisa menelepon 112 dan layanan
ini 24 jam,” jelasnya.
Peserta
pelatihan terdiri dari petugas yang intansinya
menangani kegawatdaruratan diantaranya Kepolisian, Damkar, Dinas Perhubungan,
BPBD, dan Dinas Kesehatan.
“Tujuan
diselenggarakan pelatihan ini adalah agar intansi terkait tahu betul dalam melayani masyarakat dengan
kegawatdaruratan sehingga mempercepat penanganan, misalkan ada kecelakaan nantinya call taker
yang ada di Command Center Kabupaten Batang bisa langsung menghubungi lewat
sistem ke masing-masing instansi sesuai kebutuhan kejadian,” terangnya.
Penerapan
Call Center 112 sebetulnya sudah mulai operasional sejak bulan April 2020 yang lalu, tetapi waktu itu
belum terintegrasi dengan intansi terkait. Insyallah setelah adanya pelatihan
Call Center 112 bisa ditindaklanjuti.
Dijelaskannya,
Intansi yang bergabung Tim Call Center 112 difasilitasi gawai yang kita pinjami
yang berfungsi sebagai penghubung kalau ada pelaporan dari masyarakat dibidang
kegawatdaruratan.
“Kami
berharap setelah pelatihan ini karena yang melatih langsung dari trainer yang
ahli dibidangnya yaitu dari 168 solution peserta betul-betul mendapatkan
ilmu yang terkait kegawatdaruratan sehingga kedepan masyarakat Kabupaten Batang
lebih terlayani.” Ungkapnya.
Sementara,
dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Batang BRIPKA Sidik Riyanto mengatakan, pelatihan
Call Center 112 sangat bermanfaat sekali untuk Satlantas Polres Batang yaitu
bisa membantu dan berkordinasi bersama mewujudkan pelayanan yang prima dan
mantap di Kabupaten Batang.
“Pelatihan
ini juga memberikan solusi pada
Satlantas Polres Batang, karena kita bisa bekerja sama dengan intansi
lain, bisa melihat dan memantau arus
lalu lintas menggunakan CCTV , sehingga bisa memberikan bukti kalau ada kecelakaan dan bisa mengungkap kejahatan lain yang terjadi di
Pantura.” Pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)