Home / Berita / Seni Budaya / MINIATUR PERAHU NAGA KHAS BATANG

Berita

Miniatur Perahu Naga Khas Batang

Batang - Setiap tahunnya di Kabupaten Batang ada tradisi lomba dayung tradisional memakai perahu naga yang diselenggarakan pada bulan Syawal. Kegiatan tradisi tersebut telah terjadi sejak tahun 1977. Tradisi ini sudah turun-temurun digelar oleh warga Desa Klidang Lor.

Batang - Setiap tahunnya di Kabupaten Batang ada tradisi lomba dayung tradisional memakai perahu naga, yang diselenggarakan pada bulan Syawal. Kegiatan tradisi tersebut telah ada sejak tahun 1977 dan  sudah turun-temurun digelar oleh warga Desa Klidang Lor.

Biasanya antusias masyarakat yang menonton sangat banyak bahkan ada juga dari luar kota. Belum adanya buah tangan yang spesial pada tradisi lomba dayung tradisional ini membuat

Salah satu warga Dukuh Sulur Eko Sulistiyo (36) mempunyai ide untuk membuat miniatur perahu naga sebagai buah tangan khas acara tersebut.

“Berawal dari mencoba membuat sendiri meskipun belum bagus saat itu, tapi memberanikan diri membuat miniatur perahu naga. Untuk promosinya dengan diposting ke media sosial. Ternyata responnya bagus dan laku keras,” katanya saat ditemui di Dukuh Sulur, Kelurahan Karangasem Utara, Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (14/1/2023).

Pada event tradisi lomba dayung tradisional tahun 2022 berhasil laku kurang lebih 100 unit miniatur perahu naga.

“Pembuatan miniatur perahu naga ini tidak setiap hari dilakukan, hanya kalau akan ada event tradisi lomba dayung tradisional saja. Karena saya sendiri mempunyai pekerjaan utama sebagai nelayan,” jelasnya.

Proses pembuatannya cukup mudah hanya memakai bahan utama berupa kayu triplek dijadikan kapalnya dan spon untuk kepala naga serta ekornya. Warna kapal menyesuaikan perahu naga yang dipakai lomba ditambah stiker nama tim yang bertandingnya.

“Kalau waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu miniatur perahu naga dari awal sampai jadi maksimal saya bisa membuat 4 unit dalam sehari.

Peminat miniatur perahu naga ini kebanyakan anak-anak yang menonton tradisi lomba dayung tradisional dan beberapa pecinta perahu naga.

“Harga miniatur perahu naga tergolong murah dari mulai ukuran kecil dijual dengan harga Rp70.000,00 hingga ukuran besar dijual dengan harga Rp100.000,00 serta jika perahu naga yang ada mesinnya dijual dengan harga Rp250.000,00,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)