Home / Berita / Sosial / PEDULI CIANJUR, BAZNAS BERSAMA PMI SALURKAN BANTUAN FINANSIAL

Berita

Peduli Cianjur, Baznas Bersama PMI Salurkan Bantuan Finansial

Batang Bencana gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter, yang terjadi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat belum lama ini, mengetuk hati banyak pihak, untuk membantu meringankan beban para korbannya.

Batang Bencana gempa bumi berkekuatan 5,6 Skala Richter, yang terjadi di Kabupaten Cianjur Jawa Barat belum lama ini, mengetuk hati banyak pihak, untuk membantu meringankan beban para korbannya.

Menyikapi peristiwa tersebut, Baznas dan PMI Kabupaten Batang, segera mengirimkan bantuan berbentuk finansial agar dapat digunakan sesuai kebutuhan.

Wakil Ketua IV, Bidang Administrasi SDM dan Umum, Baznas Batang, Muntora Abdurrohman menyampaikan, bantuan segera digelontorkan sesuai arahan dari Baznas Jawa Tengah.

“Baznas Batang baru saja mentransfer bantuan berupa uang ke rekening yang ditentukan Baznas Jawa Tengah, sebesar Rp10 juta,” katanya, saat ditemui di Kantor Baznas Kabupaten Batang, Kamis (24/11/2022).

Ia menerangkan, dana diambil dari zakat untuk asnaf atau golongan penerima fakir dan miskin.

Penyaluran dilakukan oleh Baznas bersama Pemprov Jawa Tengah. Uang yang terkumpul rencananya akan dibelikan perlengkapan yang dibutuhkan korban gempa, seperti selimut, pakaian dan obat-obatan.

“Kalau di daerah-daerah lain sudah punya Baznas Tanggap Bencana, jadi sudah bisa mengirimkan relawan ke Kabupaten Cianjur. Dan untuk Batang, karena masih baru, jadi belum bisa mengirimkan relawan,” jelasnya.

Wakil Ketua II, Bidang Penanganan Bencana, PMI Batang, Putut Husamadiman menyampaikan duka cita yang mendalam atas bencana gempa bumi yang menimpa warga Cianjur.

“Seluruh PMI bergotong-royong supaya bisa membantu meringankan korban bencana yang saat ini membutuhkan pertolongan. Bantuan yang kami salurkan sebesar Rp15 juta dan langsung ditransfer ke Provinsi,” ungkapnya.

Ia mengajak kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi meringankan beban korban bencana gempa bumi Cianjur, dapat mengirimkan bantuannya melalui PMI Batang dan akan dikumpulkan untuk disalurkan kepada yang berhak.

“Penggalangan dana dibuka sampai akhir Desember. Apabila telah terkumpul akan segera disalurkan,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)