Home / Berita / Ekonomi / BANK JATENG CABANG BATANG BANTU PEDAGANG PASAR KEMBANGKAN USAHA MELALUI PROGRAM KREDIT

Berita

Bank Jateng Cabang Batang Bantu Pedagang Pasar Kembangkan Usaha Melalui Program Kredit

Batang Upaya membantu pemulihan ekonomi daerah pasca Pandemi COVID-19, Bank Jateng Cabang Batang turut andil dengan memberi perhatian secara terus-menerus kepada pelaku pedagang kecil dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Batang Upaya membantu pemulihan ekonomi daerah pasca Pandemi COVID-19, Bank Jateng Cabang Batang turut andil dengan memberi perhatian secara terus-menerus kepada pelaku pedagang kecil dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Kepala Bank Jateng Cabang Batang Agoes Setyo Wachjono terus mensosialisasikan ke pasar-pasar untuk menyampaikan atau mengenalkan program kredit lapak yang ada di Bank Jateng.

“Hari ini adalah terakhir kita keliling Grebrek Pasar. Semua pegawai Bank Jateng kita kerahkan untuk door to door memberikan edukasi tentang kredit lapak kepada para pedagang,” katanya saat ditemui di Pasar Subah, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Rabu (23/11/2022).

Ia menyampaikan bahwa, tujuan digelarnya Grebeg Pasar ini diantaranya untuk mengenalkan kepada masyarakat serta memberikan edukasi bahwa di Bank Jateng terdapat kredit murah, syaratnya gampang dan bunganya subsidi.

“Yaitu ada dua, yang pertama adalah Kredit Lapak, diperuntukkan pedagang yang memiliki lapak di pasar, misalkan kredit maksimal ada di 25 juta dengan suku bunga yang sangat rendah 2%. Kemudian lainnya, ada juga Kredit Mitra Jateng25, merupakan gagasan dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, yang mana ini merupakan program lama namun belum maksimal,” jelasnya.

Pihaknya pun menginginkan agar program Kredit Mitra Jateng25 dapat berjalan lebih maksimal khususnya bagi para UMKM yang mana suku bunganya hanya 3%.

“Untuk putaran yang ketiga ini merupakan putaran terakhir dari program Grebek Pasar. Insyaallah tetap masih ada PR lima pasar lagi, tetapi kita tidak melakukan seperti yang sebelumnya. Akan tetapi teman-teman Bank Jateng sudah kami perintahkan untuk turun, agar nanti merata dari program grebek pasar ini menyeluruh di semua pasar Kabupaten Batang,” terangnya.

Ke depan, lanjut dia, akan menyasar ke Pasar Gorong Tulis, karena pasar tersebut merupakan pembiayaan dari Bank Jateng. Kita akan tetap terus berupaya pengentasan atau membantu dari para pedagang ini bisa merata semuanya.

“Apa yang telah dilakukan rekan-rekan Bank Jateng harapannya dapat membantu mempercepat pemulihan pasca pandemi. Sebab, Pandemi COVID-19 sejak tahun 2020 sampai sekarang, menimbulkan dampak yang signifikan tidak hanya di sektor UMKM melainkan di seluruh aspek kehidupan,” ujar dia.

Ia berharap, para pedagang dapat mengajukan program kredit lapak ini, karena supaya roda perekonomian yang dulu pernah tersendat oleh Pandemi COVID-19 dapat berjalan lancar kembali. (MC Batang, Jateng/Jumadi)