Home / Berita / Teknologi / PERKUAT PERAN WALIDATA, BAPELITBANG BATANG LAKSANAKAN FGD

Berita

Perkuat Peran Walidata, Bapelitbang Batang Laksanakan FGD

Batang - Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang adakan Focus Discussion (FGD) Satu Data Indonesia (SDI) di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang, Kabupaten Batang, Jumat (18/11/2022).

Batang - Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang adakan Focus Discussion (FGD) Satu Data Indonesia (SDI) di Ruang Ujungnegoro Bapelitbang, Kabupaten Batang, Jumat (18/11/2022).

Statistik Ahli Muda Diskominfo Batang Ciefi Sandriyarka menyampaikan, maksud dan tujuan pelaksanaan Sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman unsur pejabat teknis yang mengelola Data dan Informasi di lingkungan Pemkab Batang dalam Implementasi FGD serta dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang berlaku sesuai peran masing-masing.

“Diskominfo sebagai Wali Data dan Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Pembina dan penyedia official statistics harus dapat memberikan data yang betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodologi yang sudah baku,” jelasnya. 

Hal tersebut sesuai dengan standard internasional untuk menunjukkan kondisi yang sebenarnya jika tidak, maka seharusnya itu menjadi warning untuk segera melakukan perbaikan agar tujuan pembangunan dapat tercapai karena perlu disadari bahwa betapa sulit dan mahalnya mengumpulkan data.

Ia juga menambahkan, mohon kerjasamanya untuk semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) segera melengkapi data dengan memasukkan di Aplikasi Sistem Informasi Statistik (Sitika) dengan tujuan masyarakat dapat melihat data dengan mudah.

“Aplikasi tersebut dapat mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terkini,  terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan antara Instansi Pemerintah untuk mendukung perencanaan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah (PPEPD) Bapelitbang Batang Asep Dwi Nugroho mengatakan, dalam rangka mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan dearah, maka dilaksanakan FGD SDI.

Asep menyatakan, tidak ada data tidak ada rencana, maka kegiatan ini bertujuan untuk membahas dan merumuskan format data perencanaan dan evaluasi pembangunan daerah yang selanjutnya akan disepakati dan ditetapkan bersama menjadi format Satu Data Indonesia di Kabupaten Batang.

“Dalam Penyusunan Dokumen Perencanaan di Kabupaten Batang, salah satu yang harus diperhatikan adalah terpenuhinya data dan informasi prioritas yang berkualitas,” ujar dia.

Semoga, lanjut dia, acara ini dapat menjadi momentum untuk memperkuat komitmen dari seluruh Stakeholder bahwa data yang telah dipublikasi dalam portal data (https://sitika,batangkab.go.id) benar-benar menjadi “ Satu Data “ nya Pemerintah Kabupaten Batang yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses dan dibagipakaikan, serta menjadi acuan perencanaan pembangunan,

Ia juga berharap, rekan-rekan OPD dapat mensinergikan semua pihak, bekerjasaama, berdiskusi terkait permasalahan data melalui Forum Satu Data Indonesia serta mendorong percepatan penetapan daftar SDI di Kabupaten Batang. (MC Batang, Jateng/Jumadi)