Home / Berita / UKM / PROGRAM P3M AJAK MASYARAKAT TAHU NPWP

Berita

Program P3M Ajak Masyarakat Tahu NPWP

Batang Program Studi (Prodi) D3 Administrasi Pajak Kampus Batang Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Undip mengajak masyarakat dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memahami pentingnya kesadaran perpajakan.

Batang Program Studi (Prodi) D3 Administrasi Pajak Kampus Batang Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Undip mengajak masyarakat dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memahami pentingnya kesadaran perpajakan.

Hal ini dilakukan dalam bentuk sosialisasi pemahaman pajak dan tata cara pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) kepada 19 pelaku UMKM, di Kampus PSDKU Tumbrep, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Rabu (9/11/2022).

Ketua Tim Pengabdian Masyarakat Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) Prodi D3 Administrasi Pajak Kampus Batang PSDKU Undip Dian Anggraeni menjelaskan, kegiatan ini bertujuan agar kesadaran pajak masyarakat meningkat.

 “Semoga Program studi D3 Administrasi Pajak, dapat berkontribusi memberikan ilmu seputar perpajakan. Pelaku UMKM lebih memahami pajak yang nantinya kesadaran pajak mereka bisa meningkat,” jelasnya.

Beberapa materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar perpajakan untuk pemahaman pajak dan tata cara pendaftaran NPWP. Peserta yang hadir juga mengikuti kegiatan dengan antusias karena materi yang disampaikan belum diketahui sebelumnya oleh para UMKM di Desa Bandar.

“Antusias masyarakat yang mengikuti kegiatan pun sangat bagus, mereka terbuka menerima kami untuk berbagi ilmu. Masyarakat juga menyambut baik sosialisasi program pengabdian masyarakat ini,” ungkapnya.

Sementara itu, peserta pelatihan Lulut Utami menjelaskan dengan adanya kegiatan ini sangat bermanfaat terutama untuk pelaku UMKM yang ada di Desa Bandar yang belum mengetahui tentang tata cara perpajakan dengan benar.

“Karena yang tadinya tidak tahu soal NPWP jadi tahu dan sangat bermanfaat terutama untuk saya. Materi yang diberikan juga bisa diterapkan dan ke depan bisa membantu usaha agar berkembang dan lebih maju,” terangnya.

Ia berharap, kegiatan serupa bisa diselenggarakan lagi karena merupakan yang pertama kalinya ada.

“Ke depan dapat mengundang UMKM lainnya yang belum mengetahui manfaat pajak bagi masyarakat,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)