Home / Berita / Teknologi / HADIRNYA PODCAST RADIO, JADIKAN PELAJAR DI BATANG KEMBALI MENYUKAI RADIO

Berita

Hadirnya Podcast Radio, Jadikan Pelajar di Batang Kembali Menyukai Radio

Batang - Dalam rangka mengenalkan dunia penyiaran kepada pelajar, Pengelola Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Abirawa FM Batang menyambangi sejumlah sekolah di Kabupaten Batang, bertajuk Abirawa Goes To School.

Batang - Dalam rangka mengenalkan dunia penyiaran kepada pelajar, Pengelola Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Abirawa FM Batang menyambangi sejumlah sekolah di Kabupaten Batang, bertajuk Abirawa Goes To School.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang Andari Rooska Yuseffina, usai membuka kegiatan Abirawa Goes to School, di SMAN 2 Kabupaten Batang, Senin (7/11/2022).

Menurutnya, program tersebut akan diselenggarakan bergiliran, khususnya di tingkatan Sekolah Menengah Atas.

“Tahun ini kami targetkan lima sekolah yang bisa dikenalkan tentang dunia radio, yakni MAN, SMAN 1, SMAN 2 Batang, SMKN 1 Batang dan SMKN 1 Kandeman,” tuturnya.

Ia menegaskan, para siswa SMAN 2 Kabupaten Batang ini membutuhkan ilmu publik speaking atau berkomunikasi yang baik. Radio bisa menjadi salah satu media melatih berkomunikasi yang baik. Meskipun, radio masa kini telah berkembang menjadi bagian teknologi digital.

Apalagi, lanjut dia, radio zaman sekarang sudah mengalami kemajuan pesat karena tidak hanya suara, tetapi juga disertai tampilan visual. Contoh dengan hadirnya podcast (siniar) menjadikan radio banyak didengarkan kembali.

“Saat ini Podcast termasuk konten media digital favorit banyak orang. Podcast bisa didengarkan untuk tujuan apa saja, mulai dari hiburan sampai ke pengetahuan dan biasanya judul yang dibawakan unik dan menarik bagi generasi muda,” jelasnya.

Maka dari itu, pelajar banyak yang suka dan akhirnya mendengarkan karena di dalamnya tidak hanya membahas yang serius tapi diselingi komedi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 2 Barang Sugeng mengatakan, pada sekolah kami disini sudah lumayan baik pelatihan berkomunikasi bagi siswa-siswi. Bahkan yang terakhir kami berhasil juara pertama nasional Podcast ODA.

“Ditambah saat ini kedatangan dari Radio Abirawa TOP FM yang mengajarkan berkomunikasi melalui Radio yang ternyata dimata siswa-siswi kami masih eksis,” ungkapnya.

Meskipun anak zaman sekarang banyak yang bermain gawai, tetapi di SMAN 2 Kabupaten Batang ada yang mendengarkan Radio.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi yang di mengenal Radio itu apa. Nantinya bisa mengenal Radio sebagai media informasi dan hiburan juga,” harapnya.

Edukasi yang bisa didapat hari ini siswa-siswi bisa mengetahui bagaimana menjadi penyiar yang baik dan membuat konten menarik agar bisa mengajak orang agar mau mendengarkan Radio.

Ia berharap, dengan adanya program Abirawa Goes To School terus hadir ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Batang supaya generasi muda tetap mengenal Radio. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)