Home / Berita / Seni dan Budaya / TIGA BULAN DIBENTUK, TEATER MURID JUARA UMUM FDP

Berita

Tiga Bulan Dibentuk, Teater Murid Juara Umum FDP

Batang Baru tiga bulan dibentuk, Teater Murid jebolan MTs NU Batang ternyata mampu menyabet gelar Juara Umum Festival Drama Pelajar (FDP) 2022.

Batang Baru tiga bulan dibentuk, Teater Murid jebolan MTs NU Batang ternyata mampu menyabet gelar Juara Umum Festival Drama Pelajar (FDP) 2022.

Mayoritas nominasi dalam FDP diraih oleh Teater Murid yakni aktor terbaik oleh tokoh Samsul dan aktris terbaik oleh tokoh Marni serta penyutradaraan terbaik dengan lakon “Mlarat”.

Sutradara Teater Murid MTs NU Batang, Naila tidak menyangka meraih Juara Umum FDP.

“Ini prestasi pertama yang diraih tim Teater Murid dengan tema “Mlarat” yang menceritakan perekonomian sebuah keluarga yang serba kekurangan,” katanya, usai menerima piala bergilir Juara Umum FDP, di Ballroom Hotel Dewi Ratih, Kabupaten Batang, Minggu (6/11/2022) malam.

Ia menerangkan, untuk meraih juara ternyata tidak mudah. Banyak rintangan yang dihadapi selama tiga bulan berproses, terlebih dunia teater masih tergolong baru bagi para pemain dan anggota lainnya.

“Banyak kendala seperti sebulan jelang pementasan ternyata pemain utama harus diganti karena sesuatu hal,” jelasnya.

Meski tergolong baru, Teater Murid tetap berusaha untuk terus berproses.

“Awalnya memang diminta guru untuk membentuk kelompok teater, tapi setelah jadi pemenang, justru menyemangati agar terus berkarya,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Batang Achmad Suroso mengapresiasi semangat sejumlah teater pelajar untuk berpartisipasi dalam even tahunan tersebut.

“Ke depan kami berupaya agar seni teater ini masuk ke lingkungan sekolah. Maka tiap sekolah diupayakan ada ekstrakurikuler teater,” tegasnya.

Untuk merealisasikannya, DKD akan meminta Disdikbud Batang menginstruksikan seluruh SMP dan SMA memasukkan teater sebagai materi dalam ekstrakurikuler.

“Teater akan digerakkan mulai tahun ini karena memiliki potensi luar biasa di tiap sekolah,” ujar dia.

Ia menambahkan, salah satu media pendidikan karakter yang langsung dipraktikkan oleh pelajar adalah melalui seni teater. Maka seni teater di Kabupaten Batang harus dikenalkan sejak SMP. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)