Home / Berita / Agama / TANAMKAN IDEOLOGI PANCASILA, PERKUAT PERAN PENYULUH AGAMA

Berita

Tanamkan Ideologi Pancasila, Perkuat Peran Penyuluh Agama

Batang - Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Batang mengikuti kegiatan Pemetaan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan Bagi PAIF dan PAI Non PNS yang digelar secara serentak di 26 Provinsi Indonesia.

Batang - Penyuluh Agama Islam se-Kabupaten Batang mengikuti kegiatan Pemetaan Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Keagamaan Bagi PAIF dan PAI Non PNS yang digelar secara serentak di 26 Provinsi Indonesia.

Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan program prioritas Kementerian Agama yaitu revolusi mental dan pembinaan ideologi Pancasila, serta moderasi beragama.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kabupaten Batang, H. Sodikin mengatakan, penyuluh agama Islam memainkan peran dan fungsi strategis dalam memperkuat kehidupan bangsa serta berperan dalam memberikan bimbingan kepada masyarakat.

“Oleh karena itu, kegiatan pemetaan ini sangat penting dan harus diikuti oleh para penyuluh agama islam, tanpa terkecuali,” katanya, saat ditemui di Aula Kantor Urusan Agama (KUA) Batang, Kabupaten Batang, Kamis (3/11/2022).

Malalui pemetaan ini, dimaksudkan untuk menyusun peta wawasan kebangsaan penyuluh agama Islam sebagai bahan dalam merumuskan kebijakan pengembangan program layanan bimbingan dan penyuluhan.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Batang, H Muh Aqsho dalam arahannya di hadapan peserta pemetaan agar dapat menjalankan fungsi utamanya sebagai penyuluh agama islam.

Penyuluh agama merupakan agen moderasi beragama, duta damai, kerukunan dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional.

“Para penyuluh adalah corong dari Kementerian Agama. Peran penyuluh agama sangat kompleks mengingat berbagai hal membutuhkan pendekatan dalam perspektif agama,” tegasnya.

Ia berharap, kegiatan pemetaan ini dapat diikuti dengan baik oleh penyuluh agama Islam.

“Semoga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik. Sehingga akan diperoleh data untuk pengembangan program layanan bimbingan dan penyuluhan,” pungkasnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)