Home / Berita / UKM / BBPLK GELAR UJI KOMPETENSI PELATIHAN PEMBUATAN KUE DAN ROTI DI DESA BINANGUN BATANG

Berita

BBPLK Gelar Uji Kompetensi Pelatihan Pembuatan Kue dan Roti di Desa Binangun Batang

Batang - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang menggelar uji kompetensi pelatihan pembuatan roti dan kue di Desa Binangun, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Sabtu (22/10/2022).

Batang - Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Semarang menggelar uji kompetensi pelatihan pembuatan roti dan kue di Desa Binangun, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Sabtu (22/10/2022).

Peserta sebanyak 16 orang  adalah warga desa setempat. Uji kompetensi ini bertujuan untuk memperoleh sertifikat BNSP untuk mendukung berwirausaha para peserta yang lulus.

Asesor Pelatihan Pembuatan Roti dan Kue BBPLK Semarang Diah mengatakan, pelatihan pembuatan roti dan kue bagian dari program Mobile Training Unit (MTU).

“Lewat pelatihan ini, BBPLK Semarang ingin membenahi perihal bagaimana pemberdayaan kewirausahaan roti dan kue di desa-desa termasuk Desa Binangun Kabupaten Batang,” jelasnya.

Uji kompetensi  yang dilakukan peserta pelatihan melakukan ujian teori dan praktik mengenai materi  yang diberikan selama pelatihan yaitu bagaimana membuat roti manis.

“Melihat dari beberapa peserta yang sudah dinilai hasilnya bagus dan sangat memuaskan yang awalnya mereka belum bisa membuat roti manis sampai bisa dan rasanya juga enak,” ungkapnya.

Baru pertama ini pada program pelatihan MTU di desa uji kompetensi yang dihasilkan para peserta baik semuanya. Karena sebelumnya saya menilai itu kebanyakan pada malas dan tidak antusias.

Uji kompetensi, lanjut dia, bisa dibilang ajang pembuktian bahwa pelatihan yang selama dilakukan nanti mendapatkan sertifikat BNSP. Jadi jika yang ingin membuka wirausaha sendiri sudah ada pengakuan kedepan tinggal jalan saja usahanya.

“Mudah-mudahan para peserta pelatihan pembuatan roti dan kue di desa binangun berhasil lulus semua dan cita-cita mereka membuat wirausaha catering dapat sukses dan terlaksana,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)