Home / Berita / Teknologi / SMKN 1 BATANG BAKAL MERAMBAH SIARAN RADIO STREAMING

Berita

SMKN 1 Batang Bakal Merambah Siaran Radio Streaming

Batang - Siaran radio secara streaming kini makin diminati kaum muda. Selain aksesnya yang mudah dijangkau melalui aplikasi di gawai juga karena jaringan internet sudah terpasang di seluruh lingkungan sekolah.

Batang - Siaran radio secara streaming kini makin diminati kaum muda. Selain aksesnya yang mudah dijangkau melalui aplikasi di gawai juga karena jaringan internet sudah terpasang di seluruh lingkungan sekolah.

Ketua Kompetensi Keahlian Multimedia dan Program Keahlian Desain Komunikasi Visual SMKN 1 Batang Mahadi Hendro Wiyono mengatakan, siaran radio streaming yang disiarkan langsung akan menarik perhatian pelajar.

“Ya supaya tidak mengganggu jam pelajaran, anak-anak siarannya pas jam istirahat atau akan dibuat jadwal operator siaran. Selain berkirim salam untuk merekatkan silaturahmi, di siaran streaming itu bisa diisi dengan program yang menginformasikan berbagai hal, seperti info lowongan kerja atau mungkin dialog bersama perusahaan-perusahaan yang sudah bermitra dengan SMK,” katanya, saat ditemui di Aula SMKN 1 Kabupaten Batang, Rabu (5/10/2022).

Radio streaming itu sekarang masih dalam proses pembentukan. Nantinya setelah aula direnovasi jadi lantai dua, rencananya akan dilengkapi dengan studio mini yang dikhususkan untuk siaran streaming.

Di dalamnya akan dilengkapi dengan ruang produksi, ruang siaran radio dan podcast.

“Radio streaming itu juga sebagai wujud Kurikulum Merdeka yakni untuk Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Salah satunya tiap pagi rencananya akan diputarkan lagu-lagu nasional dan perjuangan,” terangnya.

Para guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan seni budaya akan mengarahkan anak didiknya, dalam pendalaman materinya.

“Untuk memperkuat materi yang sudah didapat dari guru, anak-anak bisa mengikuti program Praktik Kerja Lapangan (PKL) baik di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Abirawa maupun di Media Center Diskominfo Batang,” jelasnya.

Radio Streaming SMK itu sangat bermanfaat, karena bisa menginformasikan apabila ada Bursa Kerja Khusus (BKK) terutama dari sejumlah perusahaan yang bermitra dengan SMKN 1 Batang.

“Kami juga akan mengundang praktisi dari semua perusahaan yang sesuai dengan jurusan dan bidang peserta didik, untuk berdialog dalam program siaran khusus,” ungkapnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Batang, Triossy Juniarto sangat mendukung apabila ke depan di Abirawa FM diadakan penyiar pelajar.

“Radio itu sebagai sarana penyampai informasi kepada masyarakat. Di luar sana pendengar yang masih memilih radio sebagai teman beraktivitas juga masih banyak,” tuturnya.

Ia menerangkan, di samping untuk mencari bibit-bibit baru yang potensial di dunia penyiaran, program itu bisa dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas siaran LPPL Radio Abirawa.

“Tidak menutup kemungkinan, mereka diberi porsi untuk coba mempraktikkan siaran radio. Kalau memang mereka berani siaran, kenapa tidak kita beri kesempatan,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)