Home / Berita / Teknologi / OPERASI ZEBRA CANDI, POLRES BATANG TILANG GUNAKAN ETLE

Berita

Operasi Zebra Candi, Polres Batang Tilang Gunakan ETLE

Batang Operasi Zebra Candi kembali digelar oleh jajaran Satlantas Polres Batang bersama unsur Kodim 0736/Batang didukung Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Batang.

Batang Operasi Zebra Candi kembali digelar oleh jajaran Satlantas Polres Batang bersama unsur Kodim 0736/Batang didukung Dinas Perhubungan dan Satpol PP Kabupaten Batang.

Operasi Candi yang digelar mulai 3 16 Oktober 2022 itu, lebih mengintensifkan edukasi tertib berlalulintas dan meniadakan penilangan konvensional, namun menggunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile.

“Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022, seluruh petugas tidak berorientasi pada penegakan hukum lalulintas. Namun seluruh kegiatan mengedepankan cara edukatif, persuasif dan humanis,” kata Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto, saat memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Candi, di halaman Mapolres Batang, Kabupaten Batang, Rabu (5/10/2022).

Selain itu sosialisasi dengan memanfaatkan media online juga dioptimalkan agar pesan disiplin tertib berlalulintas tersampaikan.

Ia menerangkan, selama tahun 2021 ada 605 kejadian kecelakaan lalulintas di Jawa Tengah. Adapun di tahun 2020 hanya 380 kejadian.

“Jumlah korban jiwa selama Operasi Zebra Candi 2021 sebanyak 31 orang yang meningkat sebesar 19 persen, jika dibandingkan tahun 2020 sebanyak 26 orang,” terangnya..

Kabid Lalulintas, Dinas Perhubungan Yustinus Gandi W. N menambahkan, sesuai arahan dari Kapolres, pihak Dishub akan lebih memaksimalkan sosialisasi untuk menyadarkan masyarakat, agar taat hukum dalam berlalulintas.

“Kalau pengendara mematuhi peraturan yang ada pasti sedikit demi sedikit angka kecelakaan di Kabupaten Batang bisa berkurang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)