Home / Berita / Pariwisata / AGROWISATA CLAPAR DIBUKA WAKIL BUPATI SOETADI

Berita

Agrowisata Clapar Dibuka Wakil Bupati Soetadi

Batang - Agrowisata Clapar dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Batang Soetadi, Selasa, 27/12/16. Agrowisata ini adalah UPTD Balai Benih Hortikultura (BBH) Clapar Kecamatan Subah di bawah Dinas Pertanian dan tanaman pangan dan peternakan kabupaten Batang. 

Kepala Dispertanak Kabupaten Batang Migayani Thamrin mengatakan Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) BBH Clapar yang luasnya 8 ha, awalnya merupakan kebun milik dinas pertanian provinsi Jawa Tengah yang pengelolaannya bekerjasama dengan masyarakat petani sekitarnya sebagai petani penggarap, namun sejak era otonomi daerah tahun 2001 diserahkan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Batang, menjadi milik Pemda Kabupaten Batang.

Untuk pembangunan sarana prasarana Balai Benih Clapar dimulai sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2015 yang semua didanai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN. Dengan ini maka jika dilihat dari lokasi dan potensi BBH Clapar serta kebutuhan akan tempat rekrasi/wisata tentunya sudah waktunya kami membuka UPTD BBH Clapar sebagai tempat wisata edukasi berbasis pertanian, khususnya pertanian hortikultura dengan nama Agrowisata Clapar tandas Migayani Thamrin.

Agrowisata Clapar menyediakan fasilitas-fasilitas antara lain, pemandangan yang asri, koleksi aneka tanaman hortikultura, screenhouse hydroponik, penyediaan aneka macam bibit hortikultura, demplot tanaman sayur dan buah semusim, showroom agropolitan, tempat istirahat dan berkumpul yang nyaman, wahana permainan yang menarik dan fasilias penunjang yang baik serta penyediaan fasilitas pelatihan yang dipandu oleh para ahlinya serta ada aneka tanaman hortikultura seperti rambutan, durian otong, kelengkeng, manggis, jambu, mangga, sawo, pepaya, pisang, maoa, serta aneka tanaman sayuran kata Migayani.

Harapanya dengan dibukanya Agrowisata Clapar ini tidak hanya akan meningkatkan pendapatan juga akan ada imbas kepada meningkatnya ekonomi masyarakat sekitar maupun para petani dan pelaku usaha yang terkait tandas Migayani.

Wakil Bupati Batang Soetadi mengatakan untuk melakukan kegiatan dalam rangka membangun daerah yakni bidang wisata dan lebih khusus wisata agro ini menjadi hal yang sangat penting karena wisata juga sebagai prioritas dalam pembangunan nasional, kita bisa kembangkan agar bisa bermanfaat bagi perkembangan ekonomi masyarakat. Kita manfaatkan secara konsekuen sesuai kondisi di lapangan dan di sisi lain apabila kita bisa mengelola dengan baik tentunya akan memperoleh yang baik pula.

Untuk itu saya mohon dukungan semua pihak tolong berikan masukan yang postitif agar dipakai untuk penyempurnaan agar pengembangan Agrowisata Clapar ini lebih baik kedepannya tandas Soetadi.

Harapannya dengan dibukannya Agrowisata Clapar ini disamping sebagai tempat pelayanan masyarakat, sarana pembelajaran, percontohan serta sarana untuk hiburan masyarakat di Kabupaten Batang juga akan meningkatkan kontribusi terhadap PAD ujar Soetadi.

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati memotong tumpeng tanda dibukanya Agrowisata Clapar serta dilanjutkan peninjauan stand hasil tanaman sayuran dan buah kemudian juga meninjau beberapa tanaman di wilayah Balai Benih Holtikultura clapar.

Hadir pada acara tersbut, ketua DPRD Batang, Asisten, kepala SKPD, camat, koordinator BP3K se batang para pelajar dan tamu undangan lainnya.