Home / Berita / Pembangunan / SELESAI TEPAT WAKTU, TMMD SENGKUYUNG DESA SEMAMPIR BATANG RESMI DITUTUP

Berita

Selesai Tepat Waktu, TMMD Sengkuyung Desa Semampir Batang Resmi Ditutup

Batang - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung di Desa Semampir Kecamatan Reban Kabupaten Batang resmi ditutup. Dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri.

Batang - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung di Desa Semampir Kecamatan Reban Kabupaten Batang resmi ditutup. Dengan tema TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri.

Penutupan TMMD Sengkuyung dihadiri oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, Dandim 0736 Batang Letkol Arh Yan Eka dan Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto.

Kegiatan TMMD Sengkuyung telah dimulai sejak 11 Mei 2022 hingga 9 Juni 2022 yang terhitung 30 hari.

“Bahwa program TMMD memberikan kontribusi secara nyata yang terintegrasi. Bahkan pembangunan kali ini selesai 100% lebih awal,” kata Dandim 0736 Batang Letkol Arh Yan Eka Putra saat ditemui usai menutup TMMD Sengkuyung di Balai Desa Semampir, Kecamatan Reban, Kabupaten Batang, Kamis (9/6/2022).

Dijelaskannya, TMMD merupakan wujud kerja sama TNI bersama instansi pemerintah dengan melibatkan komponen masyarakat untuk mengedukasi, menumbuh kembangkan kesadaran gotong royong serta pengembangan desanya.

“Hasil program TMMD Sengkuyung untuk sasaran fisik terdiri dari pengaspalan jalan sepanjang 1.720 meter dengan lebar 2,5 meter, untuk pembuatan tebing sepanjang 4 meter dengan lebar 30 cm dan tinggi 2,5 meter, terakhir ada gorong-gorong plat beton pembuatan sepanjang 4 meter dengan lebar setengah meter,” terangnya.

Selain itu, lanjut dia, juga mempunyai sasaran non fisik berupa penyuluhan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan kamtibmas, penyuluhan undang-undang perkawinan, penyuluhan peternakan, penyuluhan tanaman, penyuluhan narkoba, penyuluhan KB dan penyuluhan sanitasi.

“Biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan TMMD Sengkuyung dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jawa Tengah dan APBD Pemerintah Kabupaten Batang dengan jumlah Rp450.000.000,00,” ujar dia.

Ia berpesan, agar semua hasil dari program TMMD dapat dipelihara dengan baik oleh masyarakat Desa Semampir. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)