Home / Berita / Teknologi / TANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER, SMK BP GELAR E-SPORT

Berita

Tanamkan Pendidikan Karakter, SMK BP Gelar E-Sport

Batang Merebaknya permainan video secara jamak, oleh mayoritas kalangan milenial, menginspirasi pendidik, menggelar kompetisi E-Sport dalam merayakan Hari Jadi Ke-41 SMK Bakti Praja (BP) Kabupaten Batang, sekaligus menanamkan pendidikan karakter seperti nilai-nilai sportivitas. Pasalnya, permainan tersebut melibatkan 5 pemain dalam satu timnya.

Batang Merebaknya permainan video secara jamak,  oleh mayoritas kalangan milenial, menginspirasi pendidik, menggelar kompetisi E-Sport dalam merayakan Hari Jadi Ke-41 SMK Bakti Praja (BP) Kabupaten Batang, sekaligus menanamkan pendidikan karakter seperti nilai-nilai sportivitas. Pasalnya, permainan tersebut melibatkan 5 pemain dalam satu timnya.

Kepala SMK BP Batang Riyanto mengatakan, lomba ini diinisiasi oleh mayoritas warga sekolah, yang menginginkan agar peserta didik yang berpotensi di bidang E-Sport lebih terasah kreativitasnya.

“Jadi gawai itu tidak hanya untuk bermain, tapi berkompetisi dengan mengedepankan karakter jujur dan gotong-royong,” katanya, saat memantau pertandingan E-Sport, di ruang kelas SMK BP, Kabupaten Batang, Senin (28/3/2022).

Pendalaman karakter sangat penting karena sesuai dengan Kurikulum Merdeka yakni Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK).

“Lewat hal-hal kecil seperti inilah semuanya harus disiapkan. Sehingga ketika Kurikulum Merdeka diterapkan, karakter itu sudah terbangun dalam jiwa anak didik,” jelasnya.

Kegiatan serupa juga akan digelar saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), yakni kalangan lulusan dari SMP.

“E-Sport Mobile Legends itu bagi anak-anak SMP menarik dan mereka sudah lihai. Dan kemampuan E-Sport mereka itu bisa menambah poin saat PPDB,” tegasnya.

Ia memastikan, dari sisi akademik bagi siswa yang berpotensi akan diberikan beasiswa, sehingga akan ada keberimbangan.

“Jadi bermain E-Sport ok, tapi di sisi lain prestasi juga ok,” ungkapnya.

Pihaknya juga akan memberikan dukungan, setelah mendengar bahwa ada salah seorang anak didiknya yang ingin menekuni cabang olahraga E-Sport.

“Bakat anak itu berbeda-beda, jadi akan kami dukung selama berdampak positif,” terangnya.

Salah satu peserta, Dimas siswa kelas X Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM), mengutarakan, motivasi terbesarnya mengikuti kompetisi tersebut karena di masa depan ingin mewujudkan cita-citanya menjadi atlet E-Sport.

“Ya senang sekali di Hari Jadi ke-41 SMK BP dimeriahkan dengan kompetisi E-Sport. Tadi poin saya sudah 900, targetnya bisa menang sampai 2.000,” ujar dia.

Sementara, Guru mata pelajaran TBSM sekaligus ketua panitia E-Sport, Rohman Ibrahim mengatakan, saat ini pemerintah juga mendukung E-Sport, dibuktikan dengan digelarnya berbagai kompetisi untuk kalangan milenial.

“Ini juga bentuk upaya mempersiapkan atlet-atlet E-Sport yang di masa depan bisa mengikuti turnamen di berbagai tingkat,” tuturnya.

Ia mengapresiasi semangat sportivitas yang ditunjukkan anak didiknya saat berkompetisi.

“Semoga ke depan mereka benar-benar jadi atlet E-Sport nasional,” imbuhnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)