Home / Berita / Pemerintahan / PEMKAB BATANG SIAPKAN TEMPAT HIBAH ALUTSISTA DARI KORPS MARINIR TNI AL

Berita

Pemkab Batang Siapkan Tempat Hibah Alutsista Dari Korps Marinir TNI AL

Batang - Hibah Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) dari TNI AL Korps Marinir berupa satu tank tempur dan dua mariam untuk Pemerintah Kabupaten Batang akan ditempatkan di Alun-alun Batang.

Batang - Hibah Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) dari TNI AL Korps Marinir berupa satu tank tempur dan dua mariam untuk Pemerintah Kabupaten Batang akan ditempatkan di Alun-alun Batang.

Pemberian hibah itu, karena Batang memiliki sejarah perjuangan bagi TNI AL, sehingga Komandan Korps Marinir TNI AL Mayjen (Mar) Suhartono yang merupakan asli Batang menawarkan hibah Alutsista dan langsung direspon Bupati Batang Wihaji.

Tiga Alutsista yang sudah tak terpakai itu  berusia puluhan tahun, di berangkatkan dari Pangkalan Korp Marinir Surabaya dan direncanakan tiba di Batang pada Rabu (26/1/2022) dini hari.

Tank jenis ranpur PT 76 itu buatan tahun 1961 dari Negara Rusia, dengan panjang  7,20 meter, panjang senjata 7, 20 meter dengan lebar 3,14 meter dan tinggi 2,37 meter.

Lalu, mariam jenis Howitzer 122 MM buatan Cekoslavia tahun 1942 dengan kaliber 121,92 mm, panjang laras 2800mm, tinggi 1820mm, lebar 1975 dan beratnya 2500 kg.

“Tank dan mariam ini kita tempatkan di Utara pohon ringin, berjejer dengan formasi tank di tengah dan dua mariam di samping,” kata Sekretaris  Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kabupaten Batang Murharyanto saat ditemui di Kantornya, Selasa (25/1/2022).

Ia menyebutkan, penempatan landasan pondasi tiga Alutsista tersebut dilaksanakan oleh Korps Zeni Marinir, selanjutnya diteruskan oleh Pemkab Batang untuk penyelesaiannya hingga pemagaran.

“Tiga Alutsista rencananya kita beri pagar dengan tiang-tiang yang dikasih rantai saja. Jadi tetap terbuka dan masyarakat bisa memlihat secara langsung dan untuk berswafoto,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Batang Wihaji Batang mengatakan,  ada sejarah perjuangan TNI Angkatan Laut di pesisir Batang dan tidak sedikit prajurit yang gugur.

“Ditempatkan di Alun-alun Batang sudah kita konsultasikan dengan para sesepuh, mereka menyarankan ditempatkan di tempat yang berwibawa. Ini merupakan simbol perjuangan para TNI Angkatan Laut,” jelasnya.

Wihaji menyebutkan proses peresmian dan penyerahan berita acara hibah akan dilaksanakan pada minggu ini oleh Komandan Korp Marinir AL Mayjen (Mar) Suhartono.

“Insyaallah Kamis (27/1/2022) kita akan resmikan bersama dengan Komandan Korp Marinir AL,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)