Home / Berita / Pendidikan / MGMP IPS SMP BATANG REORGANISASI, PENGURUS LAMA KLAIM BERHASIL TINGKATKAN PROFESIONAL GURU

Berita

MGMP IPS SMP Batang Reorganisasi, Pengurus Lama Klaim Berhasil Tingkatkan Profesional Guru

Batang - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Kabupaten Batang melakukan reorganisasi kepengurusan lama masa bakti tahun 2019-2021 di SMPN Kandeman 1, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Kamis (20/1/2022).

Batang - Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Kabupaten Batang melakukan reorganisasi kepengurusan lama masa bakti tahun 2019-2021 di SMPN Kandeman 1, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Kamis (20/1/2022). 

Wulan Dwi Aryani yang merupakan guru SMPN 1 Kandeman terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum MGMP IPS Kabupaten Batang masa bakti tahun 2022-2024. 

Koordinator MGMP Jamian mengatakan, reoorganisasi ini karena masa bakti kepengurusan MGMP yang di ketuai Dinok Sudiami merupakan guru SMPN 1 Batang telah berakhir. 

Selama kepemimpinannya telah banyak melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru IPS. 

“Program peningkatan profesional guru meliputi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), pembuatan bahan ajar, penyusunan perangkat pembelajaran, penyusunan soal dan bank soal serta program sosial,” jelasnya. 

Pemberdayaan program itu, lanjut dia, dapat meningkatkan kemampuan guru IPS yang berdampak positif  terhadap kinerja guru IPS dalam menjalankan fungsinya.

Sementara itu, Dinok Sudiami menjelaskan, selama tiga tahun memimpin MGMP IPS telah melaksanakan berbagai pengembangan profesi bagi guru-guru IPS dengan menggandeng Prodi IPS UNNES, Jurusan Geografi dan Fakultas Elektro UNDIP.

“Minus biaya banyak karya, menjadi motivasi para anggota untuk terus menggali potensi diri dan meningkatkan kompetensinya. Bukti nyata dapat terlihat dari banyaknya teman-teman MGMP IPS yang naik pangkat,” ungkapnya. 

Dinok Sudiami juga menyebutkan, pada akhir masa kepengurusannya di tahun 2021. Hasil spektakuler diperoleh, 7 orang guru IPS yang juga pengurus MGMP masa bakti 2019 2021 berhasil lolos menjadi calon kepala sekolah dengan nilai sangat memuaskan.

“Untuk pengurus baru, selalu semangat, terus berkarya, lanjutkan estafet kepemimpinan pengurus lama dengan melihat hal-hal yang positif dan sesuai misi yang diemban selalu menjadi yang terdepan,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)