Home / Berita / Pemerintahan / PEMKAB BATANG AKAN BANGUN SEJUMLAH LAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN GRINGSING

Berita

Pemkab Batang Akan Bangun Sejumlah Layanan Publik di Kecamatan Gringsing

Batang - Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang berada di Desa Ketanggan akan merubah pola tata ruang di Kecamatan Gringsing.

Batang - Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang berada di Desa Ketanggan akan  merubah pola tata ruang di Kecamatan Gringsing. 

“Gringsing akan kita tata ulang menjadi kota. Pertama kita buat alun-alun dan  terminal. Karena apa, dua hal itu menjadi layanan publik yang harus kita penuhi. Lalu ke tiganya kita bangun pasar,” kata Bupati Batang Wihaji usai menghadiri Forum Grup Diskusi (FGD) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) wilayah Kecamatan Gringsing di Hotel Sendang Sari Batang, Kabupaten Batang, Rabu (8/12/2021). 

Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Batang juga akan membangun akses jalan dari Kecamatan Gringsing hingga ke Kawasan Industri Terpadu Batang. 

“Ide kita nanti ada kereta api khusus atau layanan infrastruktur lainnya guna memberikan akses masyarakat masuk ke kawasan industri, agar tidak mengganggu lalu lalang kendaraan berat KITB. Tapi ini untuk jangka panjangnya,” jelasnya.

Ia pun menyebutkan RDTR sebagai penerjemah pola tata ruang di Kecamatan Gringsing karena ada KITB. Kecamatan Gringsing ini penyangga KITB, maka harus ada ruang fasilitasnya. Terpenting tidak merusak lingkungan, sosialnya diperhatikan dan berdampak secara ekonomi. 

“Intinya tiga itu harus dikasih ruang dalam penataan detailnya. Kira - kira harus punya bayangan 30 tahun kedepan akan terjadi apa yang harus kita siapkan juga,” ungkapnya.

Ia juga mewanti-wanti dalam penyusunan RDTR jangan sampai mengabaikan pertanian dan perairannya. 

“Oke perumahan kita siapkan, tapi  pertanian jangan dirusak, ketersediaan airnya juga jangan dirusak. Oleh karena itu harus ditata dengan baik,” tegasnya. 

Sebagai daerah penyangga KITB, Pemkab Batang juga merencanakan penyusunan RDTR Kecamatan Banyuptih, Subah, Bandar dan Bawang. 

“Harapannya, usulan penyusunan RDTR ke Kementerian ATR BPN bisa dikabulkan. Tahun ini Kecamatan Limpung sama Gringsing, setelah itu harapan kita Kecamatan Banyuputih, Subah, Bandar dan Bawang. Ini prioritas RDTR Pemkab Batang,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)