Home / Berita / Sosial / BPBD BATANG OPTIMALKAN PERAN RELAWAN ANTISIPASI BENCANA

Berita

BPBD Batang Optimalkan Peran Relawan Antisipasi Bencana

Batang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Pemerintah Kabupaten Batang berupaya mengoptimalkan peran para relawan untuk mengantisipasi maupun menanggulangi kebencanaan yang mungkin terjadi di musim penghujan.

Batang - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Pemerintah Kabupaten Batang berupaya mengoptimalkan peran para relawan untuk mengantisipasi maupun menanggulangi kebencanaan yang mungkin terjadi di musim penghujan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, antisipasi bencana wajib dilakukan, salah satunya dengan menyiapkan para relawan supaya bisa mengantisipasi kemungkinan munculnya bencana yang dapat terjadi.

“Kami tetap berdoa dan berharap tidak terjadi bencana apapun di Batang. Tapi sebagai manusia, kita wajib berusaha untuk mengantisipasi, barangkali ada kejadian-kejadian yang menimpa masyarakat, relawan sudah siap,” katanya, usai membuka Rakor Relawan Dalam Siaga Darurat Bencana di Gedung Pramuka, Kabupaten Batang, (2/12/2021).

Ia mengimbau, para relawan tetap menjunjung tinggi profesionalisme dalam membantu masyarakat di lokasi bencana.

“Begitu mendengar ada bencana atau suatu kejadian, tanpa diperintah langsung ke lokasi bencana untuk membantu korban yang terdampak. Kemandirian dan kemampuan yang dimiliki relawan dioptimalkan untuk membantu masyarakat yang terkena musibah,”  tegasnya.

Pemkab Batang melalui Dinas Sosial, selalu mempersiapkan dapur umum apabila dibutuhkan, untuk membantu kebutuhan logistik di lokasi terdampak bencana.

“Kalau cuma kejadian ringan dan bisa diatasi oleh gotong-royong warga, ya kita tidak perlu dapur umum. Dapur umum itu dibuka kalau memang sudah banyak warga yang terkena musibah,” ungkapnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batang, Ulul Azmi mengatakan, untuk memaksimalkan penanganan kebencanaan, BPBD bekerjasama dengan 22 organisasi kemasyarakatan, yang memiliki kepedulian terhadap penanggulangan bencana, yang tergabung dalam Forum Relawan Penanggulangan Bencan di antaranya Batang Resque, Pelangi Nusa, Racika Palm, Mahatidana Resque.

“Koordinator untuk penanggulangan bencana tetap ada di BPBD. Mereka hanya membantu sesuai arahan dari BPBD untuk segera menangani warga yang terkena bencana,” terangnya.

Ia memastikan, tugas para relawan telah dipetakan, sesuai wilayah tempat tinggalnya.

“Mereka kan ada yang berasal dari Gringsing, Tersono, Bawang dan wilayah lain se-Kabupaten Batang sudah siap siaga mengantisipasi kejadian bencana hidrometrologi,” tegasnya.

Ia menambahkan, jumlah relawan yang siap membantu menangani apabila terjadi bencana sebanyak 400 orang, sedangkan personel BPBD sebanyak 21 orang.

“Semoga mereka tetap semangat, bekerja ikhlas dan profesional. Selalu siap sedia tanpa diperintah dengan kompetensi yang andal untuk membantu masyarakat,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)