Home / Berita / Pariwisata / BUPATI BATANG KUKUHKAN KWT UNTUK DIRIKAN WISATA EDUKASI

Berita

Bupati Batang Kukuhkan KWT Untuk Dirikan Wisata Edukasi

Batang - Bupati Batang Wihaji mengukuhkan Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk mengedukasi minyak wangi atsiri dari tanaman serai.

Batang - Bupati Batang Wihaji mengukuhkan Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk mengedukasi minyak wangi atsiri dari tanaman serai.

Dengan mendirikan wisata edukasi minyak wangi atsiri. Pasalnya di Kabupaten Batang memiliki banyak potensi tanaman serai yang pengolahannya atau penyulingannya dibina oleh dosen Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang Prof. Hermin Pancasakti Kusumaningrum.

“Ternyata ada potensi yang luar biasa khususnya untuk tempat edukasi minyak wangi atsiri di Kabupaten Batang,” kata Bupati Batang Wihaji usai mengukuhkan KWT di PSDKU UNDIP, Kecamatan Bandar, Batang, Kamis (18/11/2021).

Ia menjelaskan, saya rencana ingin dirikan teaching industri untuk kegiatan riset, pengembangan, dan inovasi yang melembaga, tetapi akan dirumuskan dahulu dengan model bisnis kolaborasi antara universitas dengan industri.

“Tidak hanya sebagai teaching industri tapi juga edupark. Nanti kita juga support juga tempat pembelajaran dan wisatanya,” jelasnya.

Edukasi wisata minyak atsiri nantinya pengujung bisa membuat atau meracik sendiri dengan bahan dasar tanaman serai dan bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

“Jadi kita harus memastikan modal, ahli, dan marketingnya. Kedepan KWT ini akan difasilitasi ke perbankan dan memasarkannya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang Heru Yuwono mengatakan, bahwa anggota KWT di Kabupaten Batang ada 272 orang yang sebelumnya ada 183 orang.

“Jumlah data petani di Kabupaten Batang sendiri sekitar 71.000 orang. Jumlah tersebut merupakan salah satu kabupaten yang tertinggi untuk petaninya di Indonesia,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)