Home / Berita / Teknologi / KECANGGIHAN COMMAND CENTER BATANG JADI ACUAN DISKOMINFO INDRAMAYU

Berita

Kecanggihan Command Center Batang Jadi Acuan Diskominfo Indramayu

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu mengapresiasi infrastruktur penunjang di Command Center Kabupaten Batang yang lebih canggih, sehingga dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas layanan teknologi informasi.

Batang - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu mengapresiasi infrastruktur penunjang di Command Center Kabupaten Batang yang lebih canggih, sehingga dijadikan acuan untuk meningkatkan kualitas layanan teknologi informasi.

Dalam kunjungan studi komparatif, Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Diskominfo Indramayu Anri Heriyanto mengatakan, teknologi yang diterapkan oleh Diskominfo Batang khususnya di ruang Command Center lebih modern.

“Kami bisa belajar dari Diskominfo Batang, tentang penerapan aplikasi kegawatdaruratan 112, yang telah terkoneksi,” katanya, usai meninjau ruang Command Center Kabupaten Batang, Senin (8/11/2021).

Ia menerangkan, Command Center di Indramayu sudah ada, namun penerapannya belum begitu optimal. Maka untuk melengkapi kekurangan perlu dilakukan studi tiru di Diskominfo Batang.

“Sumber daya manusia seperti tenaga operator kami belum maksimal karena keterbatasan anggaran. Secara bertahap kami akan melengkapi dengan belajar langsung dari Diskomimfo Batang,” ungkapnya.

Ia mengakui, perlu melakukan modernisasi pemancar saluran internet ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD), setelah melihat Diskominfo Batang memanfaatkan teknologi Fiber Optik (FO) yang lebih canggih.

“Selama ini kalau kondisi cuaca kurang bagus, pasti akan berpengaruh pada sinyal yang sulit diterima dengan baik. Nanti hasil studi banding dari sini akan kami sampaikan kepada pimpinan, supaya beralih menggunakan teknologi FO,” jelasnya.

Ia mengharapkan, akan ada kerja sama lebih lanjut, melihat Kabupaten Batang masuk dalam 100 Smart City.

“Kami berupaya membangun daerah supaya lebih smart dalam pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Kepala Diskominfo Batang Triossy Juniarto mengutarakan, studi banding yang dilakukan Diskominfo Indramayu ke Batang bertujuan untuk belajar tentang pemanfaatan teknologi.

“Mereka mendapat referensi dari daerah-daerah lain, karena dalam pemanfaatan teknologi informasi Batang sudah cukup bagus, sehingga banyak yang tertarik untuk belajar dan mangadopsi beragam keunggulannya,” ujar dia.

Ia menerangkan, Diskominfo Indramayu juga belajar tentang retribusi menara dari Batang yang sudah ditangani oleh Dinas PUPR.

“Kedua kabupaten ini bisa saling berbagi ilmu dan pengalaman, mana yang baik untuk Batang bisa didapat dari Indramayu, begitu pula sebaliknya,” imbuhnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)