Home / Berita / Pertanian Perikanan Perkebunan Peternakan / BELAJAR BERKEBUN DAN WISATA PETIK BUAH CREATIVE FARM BATANG

Berita

Belajar Berkebun dan Wisata Petik Buah Creative Farm Batang

Batang - Creative Farm Batang di Desa Gumawang, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, memberikan sensasi baru bagi warga yang ingin berwisata sekaligus belajar berkebun.

Batang - Creative Farm Batang di Desa Gumawang, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, memberikan sensasi baru bagi warga yang ingin berwisata sekaligus belajar berkebun.

Pengunjung bisa menikmati beberapa aneka tanaman hortikultura lokal yang dapat langsung selain itu juga mendapat edukasi berupa cara pembenihan, pembibitan, panen, hingga pengolahan.

Sebagai pusat pendidikan dan pelatihan (Pusdiklat) yang dibina oleh Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang, Creative Farm juga menjadi sarana pengembangan untuk para petani.

“Jadi Creative Farm ini sebagai wadah atau sarana pengembangan tanaman hortikultura untuk petani, tidak hanya bagi petani kami juga terbuka untuk masyarakat yang ingin belajar berkebun sehingga kami buka sebagai wisata edukasi,” kata Pengelola Pusdiklat Creative Farm, Harto saat ditemui di Desa Gumawang, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang, Kamis (4/11/2021).

Pusdiklat Creative Farm sudah melakukan beberapa pengembangan tanaman hortikultura, seperti alpukat jambu kristal, kelengkeng, durian, dan jeruk.

“”Untuk menghasilkan tanaman buah yang bagus dibutuhkan ilmu tani titen dan telaten, misalnya penyebabnya apa, penyakitnya, proses menyiangi, waktu panen, serta telaten dalam prosesnya,” jelasnya.

Dengan beberapa penelitian yang dikembangkan, buah lokal yang dihasilkan di kebun Creative Farm termasuk buah dengan kualitas bagus atau grade A.

Selain itu, keberhasilan produktifitas tanaman juga harus mengutamakan kualitas, kuantitas dan kontinuitas.

“Alhamdulillah buah dari hasil panen kami termasuk dalam kualitas yang bagus atau grade, ini sudah kami jual di pasar sekitar, juga setiap seminggu sekali kami kirim ke Kalimantan,” ujar dia.

Pihaknya pun memberikan pilihan paket wisata bagi pengunjung.

Dengan Rp65.000,00, pengunjung dapat menikmati wisata petik buah lengkap dengan membawa oleh-oleh.

“Biasanya waktu libur, banyak pelajar yang datang untuk belajar berkebun,” imbuhnya. (MC Batang, Jateng/Heri/Jumadi)