Home / Berita / Pendidikan / 111 PELAJAR DAN MAHASISWA MENDAPATKAN BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN DARI DISDIKBUD BATANG

Berita

111 Pelajar dan Mahasiswa Mendapatkan Bantuan Biaya Pendidikan Dari Disdikbud Batang

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang dengan serius membangun sumber daya manusia dengan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi pendidikan menengah dan mahasiswa.

Batang - Pemerintah Kabupaten Batang dengan serius membangun sumber daya manusia dengan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi pendidikan menengah dan mahasiswa.

“Bantuan yang diberikan hari ini memang belum banyak, tetapi upaya Pemerintah daerah untuk memperhatikan pendidikan di Kabupaten Batang, meskipun bantuan biaya pendidikan ini tidak hanya untuk menyelesaikan permasalahan pendidikan sesaat,” kata Bupati Batang Wihaji saat pencairan bantuan biaya pendidikan bagi peserta didik di Pendopo Kabupaten Batang, Rabu (27/10/2021).

Bantuan pembiayaan diberikan kepada diantaranya 12 calon mahasiswa, 40 mahasiswa, dan 59 pelajar SMA/SMK/MA yang berprestasi dan diutamakan yang kurang mampu. Mereka yang menerima bantuan biaya pendidikan digunakan untuk biaya skripsi dan kuliah.

“Semoga penerima bantuan ini dapat mempertahankan prestasinya, karena mayoritas adalah mahasiswa yang berprestasi  dengan IPK rata-rata 3,7,” jelasnya.

Pemkab Batang, lanjut dia, akan menganggarkan setiap tahunnya bantuan biaya pendidikan menganggarkan hingga Rp1 milyar, untuk tahun depannya akan ditingkatkan berdasarkan jumlah mahasiswa penerima. Kedepan potensi pihak swasta melalui Corporate Social Responsibility (CSR) bisa berperan untuk mendukung pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Batang.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang Achmad Taufiq mengatakan, bantuan biaya pendidikan ditentukan berdasarkan prestasi yang dimiliki makanya menerima bantuannya nominalnya berbeda-beda.

Bantuan biaya pendidikan diberikan bagi 59 pelajar menerima sebesar Rp1.000.000,00 untuk pendidikan menengah, sedangkan 40 mahasiswa dan 12 calon mahasiswa menerima maksimal Rp10.000.000,00 dan minimal Rp4.000.000,00 sesuai prestasi yang didapatkan.

“Syarat penerima bantuan biaya pendidikan ini yang harus terpenuhi hanya yang berprestasi dan keluarga yang kurang mampu. Jadi bantuan yang dikeluarkan sekarang Rp389.000.000,00 dan untuk tahun 2022 direncanakan Rp600.000.000,00,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)