Home / Berita / Sosial / WORLD CLEANUP DAY MOMEN AKTIFKAN BANK SAMPAH DI BATANG

Berita

World Cleanup Day Momen Aktifkan Bank Sampah di Batang

Batang - Peringati World Cleanup Day (WCD) Pemerintah Kabupaten Batang mencanangkan gerakan aksi memungut dan memilah sampah secara serentak.

Batang - Peringati World Cleanup Day (WCD) Pemerintah Kabupaten  Batang mencanangkan gerakan aksi  memungut dan memilah sampah secara serentak.

Aksi sosial bersih - bersih sedunia yang diperingati tahunan ini, Pemkab Batang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut terlibat menjaga kebersihan serta menungut dan memilah sampah di lingkungan sekitar.  

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batang Akhmad Handy Hakim mengatakan, gerakan aksi WCD tidak hanya di lakukan oleh karyawan dan karyawati Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tetapi juga mengajak seluruh elemen masyarakat yang bertujuan mengurangi masalah limbah sampah padat maupun sampah laut. 

“Gerakan WCD melibatkan sekolah, masyarakat dan beberapa komunitas peduli lingkungan dan pengelola Bank Sampah,” katanya, saat ditemui di Kantor DLH, Kabupaten Batang, Jumat (24/9/2021). 

Dalam gerakan WCD untuk komunitas Bank Sampah difokuskan di 5 desa dan kelurahan di antaranya, Desa Pesaren Kecamatan Warungasem, Desa Cepokokuning Kecamatan Batang. Aksi bersih - bersih di lingkungan Kantor Pemkab Batang dengan memungut dan memilah sampah yang memiliki nilai manfaat dan dapat didaur ulang.

Lalu, dari hasil pilah sampah disetorkan ke Bank Sampah milik DLH yang bekerjasama dengan pengepul sampah.  

“Kita sudah siapkan buku tabungannya, kita catat nilai uangnya dan bisa dicairkan setiap akhir tahun atau lebaran,” jelasnya. 

Dijelaskannya,  momen WCD gerakan pungut dan pilah sampah  sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah. Sekaligus mengaktifkan kembali Bank Sampah yang ada di Kabupaten Batang. 

“Momen WCD gerakan pungut dan pilah sampah ini semua kabupaten dan kota melaksanakannya, termasuk Batang. Tetapi untuk kegiatan Bank Sampah kita aktifkan kembali yang dilaksanakan setiap hari Jumat di kantor DLH,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Edo/Jumadi)