Home / Berita / Pembangunan / DANPUSTERAD PRIORITASKAN PEMBANGUNAN AKSES JALAN DESA GERLANG BATANG SEPANJANG 1.004 METER

Berita

Danpusterad Prioritaskan Pembangunan Akses Jalan Desa Gerlang Batang Sepanjang 1.004 Meter

Batang - Komandan Pusat Angkatan Darat (Danpusterad) Letnan Jenderal Teguh Arief Indratmoko mengunjungi lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 Kodim 0736 Batang yang berada di Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Senin (20/9/2021).

Batang - Komandan Pusat Angkatan Darat (Danpusterad) Letnan Jenderal Teguh Arief Indratmoko mengunjungi lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 Kodim 0736 Batang yang berada di Desa Gerlang, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Senin (20/9/2021).

Kegiatan ini dihadiri secara langsung Bupati Batang Wihaji dan Dandim 0736 Batang Letkol Arh Yan Eka Putra beserta rombongannya yang sempat mengecek lokasi pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1.004 meter.

Komandan Pusat Angkatan Darat (Danpusterad) Letnan Jenderal Teguh Arief Indratmoko mengatakan, saya sudah keliling Desa Gerlang, disini banyak potensi pertanian sayuran yang merupakan investasi yang sangat luar biasa. Alam ini harus dipelihara dan dikoordinasikan dengan baik oleh stakeholder.

“Hutannya sendiri sebagian sudah beralih fungsi menjadi tanaman sayuran yang dikelola oleh masyarakat setempat seperti kentang, wortel, dan kol. Makanya kami Danpusterad menghimbau agar masyarakat Desa Gerlang tetap memelihara alamnya sebagai investasi masa depan agar resapan airnya tidak menjadi kering,” jelasnya.

Selain untuk menjadi resapan air, pohon tegakan juga untuk menahan longsor dan memelihara oksigen. Karena di tempat ketinggian oksigennya agak kurang apalagi ditambah tidak ada pohon.

Ia meminta masyarakat Gerlang diberikan edukasi bagaimana pentingnya memelihara alam khususnya di sekitar hutan lindung.

“Saya minta Pak Bupati, Pak Dandim, Pak Kapolres dan perhutani memberikan edukasi kepada masyarakat untuk punya kesadaran memelihara alam, agar bisa dipakai jangka panjang sampai anak cucu kita,” ungkapnya.

Sementara, Bupati Batang Wihaji mengatakan, TMMD Reguler Ke-112 menggunakan APBD sebesar Rp700.000.000,00. Semangat TMMD ini, yaitu pembangunan akses jalan-jalan sulit antar daerah ke Kabupaten Banjanegara, sehingga program pembangunan jalan ini penting.

“Proyek jalan desa yang sulit dikerjakan oleh vendor menjadi skala prioritas untuk di bangun melalui program TMMD,” katanya.

Desa Gerlang sendiri penduduknya berjumlah 4.000 orang, mungkin bisa dibilang sedikit tetapi ada tujuh pedukuhan yang ada disini seperti Gunung Alang, Watulembu, dan Wonopriyo. Sehingga seperti antar pulau yang dihalangi oleh perbukitan. Kalau tidak ada akses jalannya bisa menghambat mobilitas masyarakat.

“Selain itu, jalan rabat beton yang digarap oleh program TMMD Reguler Ke-112 juga membuka akses ke Wisata Telaga Sidringo, karena biasanya masyarakat Kabupaten batang jika ingin kesana harus memutar lewat Kabupaten Banjarnegara terlebih dahulu baru sampai kesana,” terangnya.

Pelaksanaan pembangunan fisik TMMD Reguler Ke-112 progresnya sudah mencapai 80 persen. Program tersebut akan menyelesaikan pembangunan jalan rabat beton dengan panjang 1.003 meter, lebar 3 meter dan tebal 0,15 meter.

Lalu, tebing (talud) dengan panjang 397 meter, lebar 30 centimeter dan tinggi 3,3 meter dan play dekker 5 titik yang masing - masing panjangnya 5 meter dan lebar 1 meter.

“Selain itu, juga ada sasaran tambahan berupa rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 7 unit, penyuluhan bela negara, Kambitmas, Posyandu, pencegahan Covid-19 dan vaksinasi,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)