Home / Berita / Pemerintahan / PERSONIL TMMD REGULER TIBA, BUPATI BATANG BERIKAN SAMBUTAN

Berita

Personil TMMD Reguler Tiba, Bupati Batang Berikan Sambutan

Batang - Bupati Batang Wihaji membuka pembukaan pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 tahun 2021 Kodim 0736 Batang dengan mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Negeri” di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Rabu (25/9/2021).

Batang - Bupati Batang Wihaji membuka pembukaan pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 tahun 2021 Kodim 0736 Batang dengan mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Negeri” di Aula Bupati, Kabupaten Batang, Rabu (25/9/2021).

Bupati Batang Wihaji mengatakan, kegiatan ini merupakan sinergi bersama antara semua pihak khususnya TNI dengan masyarakat yang didukung Pemerintah Kabupaten Batang untuk membantu percepatan pembangunan di Desa Gerlang.

“Tujuan diselenggarakan TMMD Reguler adalah untuk membantu daerah dalam rangka meningkatkan akselerasi pembangunan supaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan, membangun persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

Dijelaskannya, TMMD juga merupakan jati diri sebagai tentara yang membantu kepentingan rakyat dalam keikutsertaan memajukan pelaksanaan pembangunan guna meningkatkan potensi Desa Gerlang sendiri.

“TMMD Reguler ke-112 memilih Desa Gerlang, menurutnya akan ada program  pembangunan akses jalan penghubung sangat penting bagi masyarakat setempat. Mengingat dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar, karena jalan ini sebagai jalur utama yang digunakan untuk mengangkut hasil pertanian jenis sayuran warga sekitar,” terangnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Arh Yan Eka Putra mengatakan, selamat datang kepada para personil dari Batalyon 407/Padma kusuma, Personil dari Kompi Zipur 4 Tegal dan Personil dari Lanal Tegal yang akan begabung dengan satgas TMMD Reguler ke-112 Kodim 0736/Batang yang akan dimulai tanggal 15 September hingga tanggal 14 Oktober 2021.

“Pesan dari pimpinan selama melaksanakan kegiatan diharapkan untuk menjaga nama baik TNI, disana merupakan masyarakat pegunungan yang selama ini sudah baik terjalin hubungannya dengan Kodim Batang agar selalu tetap di jaga,” tegasnya.

bahwa daerah sasaran lokasi TMMD merupakan zona hijau, untuk itu sebelum bergabung Satgas TMMD Reguler ke-112, semua personil harus menjalani tes Swab Antigen dengan tujuan untuk mencegah penyebaran Virus Covid-19.

Adapun sasaran kegiatannya meliputi fisik dan non-fisik.  Sasaran fisik berupa Rabat beton panjang 1.003 m, lebar 3 m, ketebalan 0,15 m. Tebing ( talud ) Panjang  397 m, lebar 30 Cm, ketinggian  3,3 m, plat dekker 5 titik dengan masing masing panjang 5 m lebar 1 m. Sasaran tambahan berupa rehab RTLH 7 unit dan rehab pos Kamling 1 unit.

“Sedangkan untuk sasaran non-fisik berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan/sosialisasi stunting, penyuluhan Posyandu ( Posbindu PKM ),  penyuluhan Covid 19 dan Vaksinasi,  penyuluhan pendidikan wajar Dikdas 9 th, penyuluhan UU Perkawinan, penyuluhan budi daya kentang, penyuluhan bahaya Narkoba, penyuluhan budi daya ikan lele, penyuluhan penanggulangan bencana alam,  penyuluhan dan pelayanan KB,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Roza/Jumadi)