Home / Berita / Pembangunan / BUPATI BATANG TINJAU JALAN PENGHUBUNG ANTAR KECAMATAN

Berita

Bupati Batang Tinjau Jalan Penghubung Antar Kecamatan

Batang - Lama diimpikan oleh warga, akhirnya jalan penghubung antar Kecamatan Tulis Bandar - Wonotunggal dibangun saat Pandemi Covid-19.

Batang - Lama diimpikan oleh warga, akhirnya jalan penghubung antar Kecamatan Tulis Bandar - Wonotunggal dibangun saat Pandemi Covid-19.

“Jalan ini memang diimpikan lama oleh warga sebagai akses perekonomian dan mendukung kawasan industri. Maka jalan ini harus diperbaiki,” kata Bupati Batang Wihaji saat meninjau jalan penghubung antar kecamatan di Desa Batiombo, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Selasa (24/8/2021). 

Jalan yang dibangun sepanjang 6 kilometer tersebut menghabiskan anggaran sebasar Rp9,2 miliar, dan akan selesai 4 Oktober 2021. 

Proyek jalan, Lanjut dia, sudah 72 persen untuk  aspal hotmixnya sudah selesai, tinggal menyisakan beberapa pekerjaan kontruksi rigid beton yang ke arah Kecamatan Bandar dan Wonotunggal. 

Ia juga mengatakan, akses ini sangat penting untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat disektor pendidikan, petanian dan pariwisata. 

“Tadi saya juga mengecek banyak warga yang membuka rumah kos untuk karyawan Pabrik Batang Apparel, artinya perekonomian mulai menggeliat di desa - desa," jelasnya. 

Sementara, Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Endro Suryono mengatakan, Jalan Batiombo Kecamatan Tulis memang akses penghubung antar kecamatan menuju jalan Pantura. 

“Peningkatan jalan ini sepanjang 6 kilometer dengan lebar 5,5 meter dengan kontruksi rigid beton 2,3 kilomter dan hotmix 3,7 kilometer,” terangnya.

Pengerjaan kontruksi Jalan Batiombo Kecamatan Tulis tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp9,2 miliar.

Adapun lelangnya dimenenangkan oleh PT. Aditama Manunggal dari Semarang dengan waktu pekerjaan 150 hari kalender, yang mukai dikerjakan sejak 19 April 2021. 

“Ini sudah 72 persen, Insyaallah selesai tepat waktu sesuai dengan perjanjian kontrak,” ujar dia. (MC Batang, Jateng/Jumadi)